Buntut Batalnya Konser BTOB, Konsumen Didorong Sampaikan Aduan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) membuka pintu bagi konsumen nan hendak mengadukan dugaan pelanggaran kewenangan konsumen akibat pembatalan konser grup musik Korea Selatan, BTOB. Ketua Komisi Advokasi BPKN, Fitrah Bukhari, mempersilakan konsumen mengirim kejuaraan melalui  laman resmi BPKN di Aplikasi BPKN153 alias call center 08153 153 153.

"Kami welcome terhadap konsumen nan merasa dirugikan akibat pembatalan konser tersebut," kata Fitrah melalui keterangan tertulis, Rabu, 4 September 2024.

Sebelumnya, selama sepekan kemarin, BPKN sudah menerima puluan aduan. Saat ini, Fitrah menuturkan, pihaknya sedang melakukan verifikasi ke konsumen. Selain itu, meminta penjelasan kepada pelaku upaya nan terlibat dalam proses perencanaan konser, penyedia jasa tiket. "Kami juga tidak menutup kemungkinan untuk berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait," ujarnya.

Melalui penanganan kejuaraan di BPKN, Fitrah berambisi para fans BTOP tidak terlalu kecewa atas batalnya konser tersebut. Ia berjanji BPKN bakal berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan kewenangan konsumen nan terlanggar. "Karena posisi konsumen ini seumpama sudah jatuh tertimpa tangga, sudah kandas berjumpa idola, ditambah tercederai haknya sebagai konsumen," kata dia.

Sebelumnya, Fan Concert BTOP di Jakarta bakal digelar pada 13 Juli 2024. Namun, pada 2 Juli 2024, APlanet Entertainment selalu penyelenggara mengumumkan pembatalan konser melalui media sosialnya.

"Halo, ini Aplanet Entertainment, dengan berat hati, kami mau menginformasikan kepada Anda bahwa BTOB FANCON [OUR DREAM] DI JAKARTA, nan semula dijadwalkan pada 13 Juli, pukul 15.00 telah dibatalkan," tulis APlanet Entertainment di IG pada Selasa, 2 Juli 2024.

Ihwal argumen pembatalan konser, APlanet Entertainment menjelaskan argumen di kembali pembatalan fancon BTOB. Menurut pernyataan APlanet Entertainment, ini adalah hasil nan disepakati berbareng setelah obrolan internal nan mendalam dan pertimbangan dengan BTOB COMPANY.

"Dengan menyesal kami informasikan kepada Anda bahwa kami telah memutuskan untuk membatalkan aktivitas ini lantaran keadaan nan tidak terduga. Pertunjukan tersebut telah dibatalkan lantaran masalah perjanjian seperti persiapan lokal nan tidak memadai dan tidak terpenuhinya tanggungjawab kontrak," tulis APlanet Entertainment.

Promotor meminta maaf kepada seluruh fans BTOB nan berkawan disapa Melody sekaligus menyampaikan perihal proses pengembalian biaya alias refund yang bakal dilakukan melalui sistem refund loket.com. Tiket fancon BTOB dijual dengan nilai mulai dari Rp 1,2 juta hingga Rp 2,8 juta.

Marvela berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor: Tiket Konser Green Day di Jakarta Tersisa Harga Minimal Rp 2 Jutaan, Begini Cara Belinya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis