Bursa Nama-nama Cagub DKI 2024 Usai Kaesang Digoda Golkar

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Bursa nama-nama kandidat bakal calon gubernur-calon wakil gubernur jelang Pilkada DKI Jakarta 2024 mulai bermunculan. Seluruh partai politik mulai menyodorkan nama-nama nan kelak berkesempatan untuk diusung di Pilgub nan digelar November mendatang ini.

Untuk mencalonkan gubernur DKI Jakarta, partai politik alias campuran partai butuh setidaknya 22 bangku di DPRD DKI Jakarta.

Baru-baru ini nama Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep masuk bursa Cagub DKI Jakarta usai menemui Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto pada Kamis (11/7) kemarin. Airlangga apalagi siap untuk mendukung Kaesang berpasangan dengan pengusaha Jusuf Hamka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beberapa nama apalagi sudah mendapat support baik dari partai politik do tingkat provinsi maupun pusat untuk maju dalam kontestasi tersebut. Berikut CNNIndonesia.com rangkum nama-nama nan mencuat dalam bursa Pilgub Jakarta.

Anies Baswedan

Nama mantan gubernur DKI Jakarta sekaligus mantan calon presiden di Pilpres 2024 Anies Baswedan disebut-sebut namanya berkesempatan lagi untuk diusung maju di Pilkada Jakarta 2024.

Anies apalagi telah menyatakan kesiapannya menjadi calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024. Anies mengaku mau mengembalikan Jakarta sebagai kota nan maju dengan penduduk nan berbahagia.

"Kita mau agar Jakarta warganya merasakan kemajuan dan bisa bahagia," ujar Anies di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/6) malam.

Nama Anies telah diusulkan oleh pengurus PDIP, NasDem, dan PKB di level kepengurusan partai tingkat provinsi. Rekomendasi itu tetap dibahas di tingkat pusat partai masing-masing.

Sementara itu, DPP PKS telah resmi mengusung Anies sebagai bakal calon gubernur dengan kadernya Sohibul Iman. Paket pasangan dengan akronim AMAN ini diumumkan langsung oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara NasDem, PDIP dan PKB mengirim sinyal belum sepakat dengan paket pasangan Anies-Sohibul Iman.

PDIP misalnya telah menyiapkan sejumlah nama kondang untuk dimajukan. Mereka ialah, Mensos Tri Rismaharini, Menpan-RB Azwar Anas, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, eks Panglima TNI Andika Perkasa hingga eks Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi.

Ridwan Kamil

Nama lain nan muncul di bursa cagub DKI Jakarta adalah Ridwan Kamil. Politikus Partai Golkar sekaligus mantan Gubernur Jawa Barat itu sudah didukung oleh Partai Gerindra dan PAN untuk maju di Pilkada DKI Jakarta.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut RK sendiri nan meminta untuk maju di Jakarta.

"Tetapi, silakan dicek bahwa pada waktu itu kan nan minta mau maju Jakarta kan pak Ridwan Kamil," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Kamis (20/6) lalu.

Sementara itu, Golkar sebagai partai tempatnya berlindung telah memberikan surat rekomendasi untuk maju di Jakarta alias Jawa Barat. Namun, Golkar tetap belum memutuskan Ridwan Kamil bakal maju di Pilkada provinsi mana sampai saat ini.

Ridwan Kamil mengaku tegak lurus dengan keputusan Partai Golkar mengenai pilihan untuk maju di Jakarta alias Jawa Barat dalam Pilkada 2024.

"Saya ikut partai saja," kata RK di Kantor DPP Golkar, Rabu (10/7).

Kaesang Pangarep

Nama lain nan disebut-sebut masuk bursa Pilgub DKI Jakarta adalah putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep.

Ketua Umum PSI mempunyai kesempatan ikut dalam kontestasi politik di Jakarta setelah ada putusan Mahkamah Agung (MA) mengenai perubahan syarat usia calon kepala daerah.

Kaesang mengaku siap jika mendapat support dari sejumlah partai politik untuk menjadi calon gubernur DKI Jakarta. Sejauh ini, Kaesang telah mendapat support dari Partai Gerindra dan PAN.

"Selama memang didukung oleh partai-partai, ya enggak masalah juga," kata Kaesang saat ditemui di Kantor Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jakarta, Jumat (21/6).

Pada Kamis (11/7) kemarin, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya siap mendukung seandainya Kaesang mau maju pilkada.

"Apabila kesempatan itu ada, dan Mas Kaesang siap untuk maju, Golkar bakal mendukung," ujarnya.

Airlangga apalagi menawarkan kadernya, sekaligus pengusaha Jusuf Hamka jika Kaesang memilih maju di Pilkada Jakarta 2024.

"Tadi Mas Kaesang, seandainya beliau memilih Jakarta, saya siapkan kader Golkar nan sudah malang melintang di prasarana ialah Babah Alun [Jusuf Hamka]," ujar Airlangga dalam konvensi pers berbareng Kaesang di markas partainya, Kamis malam.

Basuki Tjahaja Purnama

Basuki Tjahaja Purnama namalain Ahok juga menyatakan kesiapannya untuk kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Kalau saya dikasih kesempatan menjadi gubernur Jakarta lagi, saya jauh lebih siap dan lebih baik daripada sebelumnya," kata Ahok di Jakarta, Sabtu (22/6).

Namun, Ahok mengungkapkan partai pendukungnya, PDIP tidak lagi mempunyai keistimewaan mengusulkan calon sendiri. PDIP mesti berkoalisi dengan partai politik lain lantaran jumlah bangku di DPRD nan kurang.

"Saya susah maju Jakarta lagi, ini secara teori ya, lantaran partai pendukung saya itu kemungkinan enggak dapat kerja sama untuk memajukan. PDIP kurang 6 kursi," ujarnya.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional