Cak Imin Balas Gus Ipul soal Pansus Haji: Saipul Mana Paham Konstitusi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 07 Agu 2024 20:53 WIB

Cak Imin menilai Sekjen PBNU Gus Ipul tak mengerti konstitusi mengenai pernyataan Pansus Haji soal Menag Yaqut bisa diselesaikan di PKB. Cak Imin respons Gus Ipul soal pansus haji bisa diselesaikan dengan Menag Yaqut di PKB. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menilai Sekjen PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul tak mengerti konstitusi.

Hal ini dia sampaikan merespons pemberitaan soal ucapan Gus Ipul nan berambisi Pansus Haji diselesaikan secara internal PKB. Pasalnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas adalah kader PKB.

"Saipul mana mengerti konstitusi negara, suruh belajar dulu," kata Cak Imin lewat cuitannya di akun X pribadinya @CakiminNow, Rabu (7/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelumnya Gus Ipul mengomentari ihwal pembentukan Pansus Haji di DPR. Baginya, persoalan ini sebetulnya bisa diselesaikan secara internal PKB.

Gus Ipul mengatakan Yaqut sampai saat ini tetap pengurus PKB. Sehingga sudah sepatutnya Cak Imin bisa memanggil Yaqut untuk dimintai penjelasan. Karenanya, sudah sepatutnya urusan ini diselesaikan oleh PKB, bukan oleh PBNU.

"Loh iya [internal PKB]. Kalau itu masalah Pansus Haji kan ini bisa diselesaikan dulu. Kan tinggal dipanggil [Yaqut] oleh Pak Muhaimin," kata Gus Ipul di instansi PBNU, Jakarta, Rabu (7/8).

"Gus Yaqut kan tinggal dipanggil aja. Itu kan menterinya dia. Masa ketua umumnya sama ketuanya gegeran sendiri," tambahnya.

Gus Ipul lantas menyatakan pembentukan tim PBNU untuk mengkaji hubungan PKB dan NU belakangan ini pun tidak ada hubungan dengan pembentukan pansus Haji.

[Gambas:Twitter]

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional