Cak Imin Cerita Awal Pansus Haji Dibentuk: Rapat di Makkah, Ada Yaqut

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 08 Agu 2024 18:16 WIB

Cak Imin bercerita awal muka tercetusnya pembentukan Pansus Haji berasal dari rapat nan digelar di Makkah berbareng Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Cak Imin ungkap rapat pansus haji pertama dibahas di Mekkah berbareng Menag Yaqut. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bercerita awal muka tercetusnya pembentukan panitia unik atau Pansus Haji berasal dari rapat nan digelar di Makkah, Arab Saudi.

Hal ini dia sampaikan merespons pernyataan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul nan menilai semestinya Pansus Haji bisa diselesaikan secara internal PKB.

Ia mengatakan rapat itu turut dihadiri oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan personil DPR dari beragam fraksi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pertama kali memutuskan perlunya Pansus Haji itu dalam rapat di Makkah oleh semua personil DPR dari beragam Fraksi, nan dipimpin Wakil Ketua DPR Golkar; Pak Lodewijk, dan dihadiri oleh Yaqut juga sebagai Menteri Agama," cuit Cak Imin dalam akun media sosial X pribadinya @CakiminNow, Kamis (8/8).

Cak Imin lantas meminta Gus Ipul untuk belajar konstitusi negara kembali.

"Belajarlah dikit konstitusi," kata dia.

Gus Ipul sebelumnya sempat mengomentari ihwal pembentukan Pansus Haji di DPR. Baginya, persoalan ini sebetulnya bisa diselesaikan secara internal PKB.

Gus Ipul menilai Yaqut sampai saat ini tetap berstatus sebagai pengurus DPP PKB. Menurutnya, Cak Imin bisa memanggil Yaqut untuk dimintai penjelasan. Oleh lantaran itu, sudah sepatutnya urusan ini diselesaikan oleh PKB secara internal.

"Loh iya [internal PKB]. Kalau itu masalah Pansus Haji kan ini bisa diselesaikan dulu. Kan tinggal dipanggil [Yaqut] oleh Pak Muhaimin," kata Gus Ipul di instansi PBNU, Jakarta, Rabu (7/8).

"Gus Yaqut kan tinggal dipanggil aja. Itu kan menterinya dia. Masa ketua umumnya sama ketuanya gegeran sendiri," tambahnya.

Gus Ipul lantas menyatakan pembentukan tim PBNU untuk mengkaji hubungan PKB dan NU belakangan ini tidak ada hubungan dengan pembentukan pansus Haji.

DPR telah membentuk pansus untuk mendalami penyelenggaraan Haji 2024 nan dinilai banyak diwarnai kejanggalan dalam pelayanannya.

Pansus telah diresmikan dalam rapat paripurna DPR nan dipimpin Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Umum PKB Cak Imin.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional