Cak Imin Harap Tak Ada Lagi Monopoli Maskapai Penerbangan Jemaah Haji

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 01 Jul 2024 19:24 WIB

Timwas Haji DPR membuka kesempatan agar maskapai penerbangan haji di masa depan dibebaskan, sehingga tak ada lagi monopoli. Ilustrasi. Timwas Haji DPR membuka kesempatan agar maskapai penerbangan haji di masa depan dibebaskan, sehingga tak ada lagi monopoli. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Tim Pengawas Haji DPR RI 2024 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) membuka kesempatan agar maskapai penerbangan haji di masa depan dibebaskan. Ia tak mau ada monopoli maskapai tertentu.

"Bisa jadi maskapai ini kita bebaskan agar tidak terjadi monopoli dan pelayanan lebih kompetitif," kata Cak Imin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hal tersebut dia sampaikan buntut sejumlah persoalan dalam penerbangan jemaah haji 2024.

Imin pun mengungkap Komisi VIII DPR RI bakal memanggil Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk meminta penjelasan atas sejumlah persoalan haji tahun ini.

"Pasti, dalam waktu secepatnya," ujar dia.

Selain itu, kata dia, Komisi VI dan IX DPR RI juga bakal memanggil sejumlah pihak mengenai demi memperbaiki penyelenggaraan haji di masa depan.

"Komisi-komisi mengenai misalnya VI menyangkut (maskapai) Garuda, nan jumlah pemanfaatan bisnisnya sangat besar dari jemaah haji. Kemenkes nan memanggil komisi IX," jelas dia.

Dikutip dari CNBCIndonesia.com, Kemenag menyatakan ada dua penyelenggara transportasi udara nan memberangkatkan jamaah haji, ialah Garuda Indonesia dan Saudi Airlines.

(mab/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional