Cak Imin Waspada Muktamar PKB Tandingan Usai Gus Yahya Temui Jokowi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 15 Agu 2024 13:17 WIB

Ketum PKB Cak Imin menegaskan muktamar PKB nan bakal datang hanya bakal digelar di Bali pada 24-25 Agustus mendatang. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mewaspadai upaya para pihak nan mau membikin Muktamar PKB tandingan. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mewaspadai upaya para pihak nan mau membikin Muktamar PKB tandingan.

Hal tersebut disampaikan Cak Imin saat ditanya mengenai Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta membahas bentrok PKB-PBNU.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cak Imin menegaskan muktamar PKB nan bakal datang hanya bakal digelar di Bali pada 24-25 Agustus mendatang.

Ia meminta pihak kepolisian tak mentolerir dan langsung membubarkan jika ada forum nan menyatakan menjadi muktamar PKB tandingan.

"Kalau ada orang nan atas namakan Muktamar PKB, liar. Saya minta Kapolri tegas untuk membubarkan demi berlangsungnya UU Parpol," kata Cak Imin di area Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (15/8).

Cak Imin menegaskan forum muktamar PKB tandingan adalah suatu perihal nan melanggar hukum. Ia merujuk pada Undang-undang Parpol nan melindungi kedaulatan partai politik.

"Kalau ada nan atas namakan PKB, jangan salahkan jika kami bubarkan," ujarnya.

Sebelumnya, Yahya mengakui pertemuan dengan Jokowi itu turut membahas bentrok PKB-PBNU. Namun, kata dia, pembahasan itu lantaran Jokowi bertanya di sela-sela pembahasan tentang kerjasama PBNU dengan Pemerintah.

"Ya tadi disinggung sedikit beliau bertanya lah ya, ini ada apa, dan kami jelaskan. Kami jelaskan semuanya dan beliau bisa memahami, menerima dengan baik," kata Yahya saat ditemui di Istana Kepresidenan.

Yahya menghadap Jokowi didampingi Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar dan Wakil Rais Aam PBNU Anwar Iskandar.

Kedatangan tiga ustad NU itu ke istana di tengah-tengah bentrok PKB dengan PBNU. Dua pihak itu adu mulut dan saling melaporkan di ranah hukum.

Di sisi lain PKB akan menggelar Muktamar pada 24-25 Agustus di Bali. Salah satu agenda Muktamar adalah memilih ketua umum periode selanjutnya.

(mab/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional