Calon Jemaah Haji Lansia Asal Sulsel Capai 1.336 Orang

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Makassar, CNN Indonesia --

Sebanyak 1.336 calon jemaah haji nan berumur lanjut alias lansia berasal dari Sulawesi Selatan. Mereka bakal mendapat pelayanan skala prioritas.

"Lansia untuk Sulsel, 1.336 orang," kata Kabid Penyelenggara Haji Dan Umrah Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan, Ikbal Ismail, Sabtu (11/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ikbal menerangkan ada dua kategori lansia nan mendapatkan jasa prioritas dalam penyelenggaraan haji tahun ini yakni, lansia berdikari dan lansia nonmandiri.

Lansia berdikari ialah lansia nan berumur 65 tahun ke atas nan secara bentuk tetap bisa berjalan. Sedangkan, lansia nonmandiri ialah lansia nan tidak bisa melangkah nan hanya menggunakan bangku roda.

"Inilah lansia tidak berdikari kita prioritaskan, dalam pelayanannya kami bakal mengunjungi mereka dan membagikan apa kebutuhannya, termasuk makannya," ungkapnya.

Sementara ini, kata Ikbal, sebanyak 450 calon jamaah haji Embarkasi Makassar mulai memasuki Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka sdiberangkatkan ke Tanah Suci, pada Minggu (12/5) besok.

"Kami menerima kloter pertama dari asal Makassar jumlahnya 450 jamaah. Insyaallah besok bakal masuk di aula pemberangkatan dan bakal kami berangkatkan pukul 16.30 WITA," katanya.

Sedangkan untuk kloter kedua nantinya, kata Ikbal bakal masuk di Asrama Haji Sudiang pada pukul 20.00 WITA.

"Ada dua kloter hari ini dan kloter kedua bakal kita terima pada pukul 20:00 WITA. Kloter kedua asal Sidrap dan Selayar," katanya.

Dalam 450 calon haji asal Makassar tersebut terdapat 76 jemaah haji nan kategori lansia nan sudah berada di Asrama Haji Sudiang dan siap diberangkatkan pada Minggu besok.

Embarkasi Makassar nan berasal dari 8 provinsi di Indonesia Timur yakni, Sulsel, Sulbar, Sultra, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat sebanyak 16.364 orang nan terbagi dalam 38 golongan terbang (kloter).

(mir/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional