Cara Daftar Prakerja Gelombang 70 dan Syaratnya, Ditutup Malam Ini

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaPendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 70 bakal ditutup malam ini, Senin, 8 Juli 2024 pukul 23.59 WIB. 

Peserta nan dinyatakan lolos nantinya bakal mendapat insentif hingga Rp4,2 juta. Karena itu, perlu diketahui langkah daftar Prakerja Gelombang 70 dan syaratnya bagi Anda nan mau mengikuti program tersebut.

Adapun Kartu Prakerja adalah program inisiatif pemerintah agar masyarakat dapat mengakses training dan keahlian dengan biaya nan terjangkau. 

Melalui program Kartu Prakerja, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan keahlian dan pengetahuan mereka untuk memperbaiki prospek karir dan mencapai keberhasilan di bumi kerja. 

Para peserta nan dinyatakan lolos pendaftaran, diwajibkan mengikuti training Kartu Prakerja Gelombang 70. Sementara untuk insentif nan mencapai Rp4,2 juta, terdiri dari biaya training sebesar Rp3.500.000, biaya pengganti transportasi dan internet sebesar Rp600.000, dan intensif pengisian survei sebesar Rp100.000.

Perlu diingat, insentif Kartu Prakerja Gelombang 70 hanya bisa didapatkan oleh peserta nan menyelesaikan training pertama, mengisi rating, dan ulasan training pertama, serta telah menyambungkan rekening bank alias e-money. Berikut langkah daftar Prakerja Gelombang 70 dan syaratnya.

Cara Daftar Prakerja Gelombang 70

Bagi Anda nan mau mengikuti program Prakerja 2024, berikut langkah daftar Prakerja Gelombang 70:

- Buka browser lampau akses laman www.prakerja.go.id.

- Jika belum mempunyai akun, silakan pilih menu “Daftar”.

- Setelah itu, daftar dan isi info diri. Mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), foto KTP, nomor HP aktif, dan info pribadi lainnya untuk diverifikasi.

- Apabila sudah mempunyai akun, pilih “Masuk” menggunakan email dan password nan telah dibuat.

- Selanjutnya, ikuti tes motivasi dan keahlian dasar untuk menyelesaikan proses pendaftaran Prakerja.

- Ikuti seleksi Prakerja gelombang 70 dengan mengetuk ‘Gabung Sekarang’.

- Tunggu konfirmasi selanjutnya alias pengumuman kelulusan setelah pihak penyelenggara selesai melakukan evaluasi.

- Bagi peserta nan lolos seleksi, bakal mendapatkan nomor kartu prakerja dan saldo pada dashboard akun. Pastikan saya sudah tersambung dengan rekening bank (BNI alias BCA) alias dompet digital (e-wallet) (OVO, GoPay, alias DANA).

- Setelah itu, peserta kudu membeli dan mengikuti training dengan bayar menggunakan saldo sebesar Rp3,5 juta. Pembelian materi training di mitra platform digital nan telah ditentukan.

Iklan

- Kerjakan pre-test dan post-test training serta dapatkan sertifikat.

- Berikan nilai dan ulasan terhadap training nan diikuti di dashboard Prakerja.

- Setelah menyelesaikan serangkaian training dan pengisian survei, peserta bakal mendapatkan insentif nan dikirimkan ke rekening bank alias dompet digital.

- Isi dua survei pertimbangan di dashboard Prakerja dan dapatkan insentif sebesar Rp50.000 per survei. 

Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 70

Melansir laman resminya, Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja nan ditujukan kepada pencari kerja alias job seeker, pekerja terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK), dan pekerja nan memerlukan peningkatan kompetensi. 

Adapun syarat daftar Prakerja Gelombang 70 adalah sebagai berikut:

- Peserta kudu seorang WNI nan dibuktikan melalui identitas diri berupa e-KTP (Kartu Tanda Penduduk)

- Usia minimal peserta adalah berumur 18 tahun

- Tidak sedang menempuh pendidikan formal, seperti sekolah alias kuliah.

- Sedang mencari kerja, pekerja/buruh terkena PHK, alias pekerja nan mau meningkatkan keahlian, termasuk pekerja nan dirumahkan, pekerja bukan penerima bayaran (PBPU), serta pelaku upaya mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

- Bukan pejabat negara; ketua dan personil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD); aparatur sipil negara (ASN), termasuk pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK); prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI); personil Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri); kepala dan perangkat desa; serta direksi/komisaris/dewan pengawas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) alias Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

- Maksimal dua nomor induk kependudukan (NIK) dalam satu kartu family (KK) nan menjadi penerima program Prakerja.

RADEN PUTRI | TIM TEMPO

Pilihan Editor: Cara Login Dashboard Prakerja 2024 nan Mudah

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis