Cegah Kerugian Saat Kredit Mobil, Perhatikan 5 Tips Berikut

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Memiliki kendaraan pribadi nan nyaman menjadi kemauan semua orang. Apalagi di era nan semuanya memerlukan mobilisasi nan sigap dan aman. Mobil masih menjadi pilihan nomor satu oleh nyaris semua orang. Namun, tak semua orang bisa membeli mobil lantaran harganya diatas rata-rata pendapatan minimum pekerja saat ini. 

Namun, ada pengganti lain nan bisa dipilih untuk mewujudkan angan mempunyai kendaraan roda empat ini, ialah dengan membeli dengan sistem kredit. Kredit mobil tetap menjadi pilihan lantaran dengan menyicil pembayaran orang bisa menyisihkan sebagian pendapatan untuk keperluan sehari-hari. Ada beberapa tips untuk memberikan pertimbangan sebelum mengambil alias mengusulkan angsuran mobil:

1. Pahami Besaran Uang Muka dan Cicilan

Sebelum mengusulkan angsuran langkah pertama adalah mencari info dan pahami gimana sistem kembang dan angsuran nan bakal diambil. Sekaligus pahami besaran uang muka dan angsuran nan bakal diambil. Pastinya ada banyak pilihan nan ditawarkan oleh bank, pahami dengan banyak bertanya soal sistem lantaran nantinya tersebut bakal mempengaruhi nilai angsuran dan tenor pinjaman. Perhatikan juga biaya lain seperti, provisi, administrasi, dan bunga. 

2. Memastikan Kemampuan Finansial

Apabila mau mengambil angsuran mobil, pastikan dulu gimana kondisi finansial saat ini dan di masa depan. Penting untuk sadar diri mengenai keahlian finansial jika mau mengambil tanggung jawab untuk bayar angsuran mobil setiap bulan. Pertimbangkan juga soal berapa lama dan jumlah angsuran mobil nan mau diambil. Tidak perlu memaksakan diri jika belum waktunya. Siapkan juga data-data mulai dari, domisili, pekerja, alias status angsuran nan sudah berhujung alias tetap berjalan. 

3. Mengecek Kredit Score

Hal nan krusial untuk diperhatikan sebelum mengambil angsuran angsuran adalah mengecek terlebih dulu angsuran score untuk mengetahui tingkat kepantasan angsuran sekaligus skema penilaian bank alias leasing dan kesempatan permohonan angsuran nan diajukan. Pengajuan angsuran melalui bank bakal memberikan penawaran suku kembang nan rendah, namun prosesnya lebih lama dan persyaratan dokumennya juga lebih rumit.

4. Pahami Prinsip 5C

Iklan

Agar bisa lolos pengajuan angsuran ikuti kriteria dari lembaga jasa finansial lewat 5C, ialah Character, Capacity, Capital, Condition, dan Collateral. Character artinya kriteria calon debitur nan dicari mempunyai itikad baik dan pasti nan bisa menyelesaikan cicilan, lampau ada Capacity nan memandang gimana keahlian mengelola finansial pribadi.

Selanjutnya ada Capital nan menilai apa nan dimiliki calon debitur, Condition adalah keadaan di luar lingkup utama, namun dapat berpengaruh terhadap penyelesaian angsuran seperti usia peminjam, kondisi ekonomi negara, dan lainnya. Dan nan terakhir ada Collateral, artinya agunan apa nan diberikan dan bisa menjadi pertimbangan apakah angsuran disetujui alias ditolak.

5. Rancang Sistem Keuangan

Pengajuan angsuran tentunya bakal berpengaruh pada kondisi keuangan. Maka, bakal banyak pertimbangan nan kudu dipikirkan saat memutuskan untuk mengambil angsuran mobil, termasuk rencana finansial jangka pendek maupun panjang.

Jika Anda sudah berfamili pastikan melakukan komunikasi dengan pasangan untuk menyesuaikan pengeluaran tiap bulan dan biaya lain untuk kehidupan keluarga. Jika tetap sendiri, pikirkan kelanjutan finansial setiap bulan apakah bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan ke depan dan beban angsuran tiap bulannya. Disarankan untuk menulis apa saja perubahan dan rencana persediaan untuk kondisi nan tidak diinginkan. 

SAVINA RIZKY HAMIDA | GERIN RIO PRANATA | DICKY KURNIAWAN

Pilihan Editor: Kredit Mobil Pilih Uang Muka Rendah alias Cicilan Murah?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis