Cegah Pungli, Pelindo Perluas Penerapan Gerbang Otomatis di 29 Pelabuhan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaPT Pelabuhan Indonesia (Persero) alias Pelindo memperluas penerapan gerbang otomatis (autogate) di 29 pelabuhan pada 2024 sebagai komitmen mewujudkan pelabuhan nan bersih dari pungutan liar (pungli).

"Dengan otomatisasi gerbang, pembayaran nan sebelumnya dilakukan secara tunai berubah menjadi non-tunai (cashless)," kata Direktur Pengelola Pelindo Putut Sri Muljanto melalui keterangannya di Jakarta, Ahad, 7 Juli 2024.

Mulai Juli 2024 hingga akhir tahun, kata dia, Pelindo bakal mengoperasikan gerbang otomatis di empat pelabuhan di regional 1, tiga pelabuhan di regional 2, 14 pelabuhan di regional 3, dan delapan pelabuhan di regional 4.

Empat pelabuhan nan bakal mengoperasikan gerbang otomatis di Regional 1, ialah Gunung Sitoli, Sibolga, Tanjung Balai Asahan, dan Lhokseumawe. Tiga pelabuhan di regional 2, ialah Cirebon, Bengkulu, dan Palembang.

Berikutnya, 14 pelabuhan di regional 3, ialah dari Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Tanjung Tembaga Probolinggo, Waingapu (Sumba), Maumere (Flores), Bima, Ende-Ippi, Kalabahi, Labuan Bajo, Kotabaru, Batulicin, Sampit, Kalianget, Tegal, dan Tanjung Wangi. Kemudian di regional 4, ialah Manokwari, Jayapura, Biak, Fakfak, dan Merauke di Papua, Tolitoli dan Pantoloan di Sulawesi Tengah, serta Gorontalo.

Menurut Putut, pengoperasian gerbang otomatis dilakukan berjenjang dengan mempertimbangkan trafik kendaraan di pelabuhan nan bakal diterapkan sistemautogate. "Kita juga memandang hasil pertimbangan atas penerapan autogate di pelabuhan-pelabuhan terdahulu nan dapat dijadikan best practices," kata Putut.

Iklan

Ia mengatakan selain bermaksud melakukan standardisasi operasi pelabuhan, gerbang otomatis juga untuk mewujudkan pelabuhan nan bersih dari pungli.

Diketahui pada 2023, Pelindo telah mengimplementasikan gerbang otomatis di 13 pelabuhan di Indonesia, menyusul lima pelabuhan nan sudah menerapkan sistem cashless sebelumnya, ialah Banten, Tanjung Pandan, Sunda Kelapa, Banjarmasin, dan Gresik serta 12 pelabuhan nan sebagian besar berada di wilayah Indonesia Timur. Dengan demikian, sampai akhir 2024, ditargetkan 59 pelabuhan mengoperasikan gerbang otomatis.

Pilihan editor: Pelindo Lampung Berkomitmen Berantas Pungli di Pelabuhan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis