Cuaca Buruk, Penerbangan Wings Air Rute Pulau Jemaja-Batam Ditunda hingga Senin Pagi

Sedang Trending 2 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Salah seorang penumpang Wings Air, Elik Susanto semestinya sudah tiba di Jakarta untuk menyelesaikan pekerjaan, pada Minggu, 30 Juni 2024. Namun, dia tetap tertahan di Kepulauan Riau lantaran agenda maskapai penerbangan nan bakal dia tumpangi ke Batam terlebih dahulu, dialihkan besok.

Elik adalah satu dari puluhan calon penumpang Wings Air rute Pulau Jemaja-Batam nan dijadwalkan terbang pada Minggu, pukul 13.35. Namun hingga pukul 14.00, pesawat nan bakal ditumpangi, tidak kunjung tiba di Bandara Letung. Belakangan, dia mendapat info bahwa penerbangan dialihkan ke Senin, 1 Juli 2024, pukul 08.15.

"Pukul 16.00, pesawat dinyatakan retun to base (kembali ke airport keberangkatan) ke Batam," kata Elik kepada Tempo, Minggu malam. 

Berdasarkan info nan dia terima dari pihak maskapai, pesawat tidak jadi mendarat di Bandara Letung lantaran cuaca buruk. "Cuaca memang hujan di sekitar Bandara Letung," ujarnya. 

Meski ada penundaan, dia mengatakan tidak ada kompensasi dari pihak maskapai. Ia pun akhirnya menginap di hotel dengan biaya sendiri. "Mungkin lantaran bukan kesalahan Wings, makanya tidak ada kompensasi," tuturnya.

Ia menerima situasi ini lantaran baginya keselamatan jauh lebih penting. Lagipula, laki-laki nan berprofesi sebagai tenaga pengajar jurnalistik itu tidak punya pilihan lain. Pasalnya, pesawat dari Batam ke Bandara Letung hanya ada tiga hingga empat kali sepekan. Penerbangan tersebut, kata dia, dijadwalkan saban Minggu, Senin, Rabu, dan Jumat. 

Adapun untuk agenda besok Senin, 1 Juli 2024, rencananya pesawat terbang dari Batam pukul 06.00. Kemudian, terbang dari Letung ke Batam pukul 8.15 pagi. "Semoga cuaca lebih bersahabat, sehingga kami bisa terbang ke Batam dan melanjutkan ke Jakarta," tuturnya.

Ihwal penundaan penerbangan Wings Air rute Pulau Jemaju-Batam, Tempo berupaya mengonfirmasi perihal ini kepada pihak Lion Air Group. Namun, Corporate Communications Officer Lion Group Neni Artauli Sianturi belum bisa menyampaikan perincian informasi, termasuk ihwal kompensasi untuk calon penumpang. "Akan kami cek terlebih dulu untuk flight tersebut," katanya ketika dikonfirmasi Tempo melalui aplikasi perpesanan, Minggu malam, 30  Juni 2024.

Pilihan Editor: Seluruh Penerbangan Wings Air Ternate-Manado Tidak Dioperasikan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis