Cucu Sultan HB X Resmi Gabung Gerindra

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Yogyakarta, CNN Indonesia --

Cucu Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, ialah Raden Mas Gustilantika Marrel Suryokusumo resmi menjadi kader Partai Gerindra.

Marrel berasosiasi ke partai besutan Prabowo Subianto itu dua hari lalu, sekalipun dia mengaku sebenarnya sudah sejak 2018 lampau aktif berdinamika berbareng Gerindra DIY nan menurutnya konsisten mengawal rumor lingkungan.

Putra dari Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono itu mengatakan sedari awal memang tak beriktikad terlalu menunjukkan diri dalam kancah politik sampai akhirnya dia ditawari menjadi kader.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Baru kemarin saat teman-teman Gerindra menanyakan (apa mau resmi bergabung), saya minta izin dulu dan sowan Ngarsa Dalem (Sultan HB X)," kata Marrel di sela menghadiri penyerahan Surat Rekomendasi Kepala Daerah Gerindra DIY, Kota Yogyakarta, DIY, Senin (26/8).

Klaim Marrel, kakeknya memberikan tanggapan positif. Sultan HB X mempersilakan sang cucu berasosiasi ke Gerindra.

"Beliau juga tidak membatasi, itu bagian dari demokrasi," klaim Marrel.

Setelah resmi menjadi kader Gerindra, Marrel mengatakan prioritas pertamanya adalah menjaga dan mengawal keistimewaan Yogyakarta nan mempunyai sejarah panjang sebagai bagian dari Republik Indonesia.

"Kan Pak Prabowo Subianto juga menyampaikan Jogja spesial, spesial dan untuk selalu berdampingan untuk Keraton," ungkapnya.

Wakil Ketua Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPD Partai Gerindra DIY Widi Handoko sementara itu memastikan Marrel telah memperoleh Kartu Tanda Anggota (KTA) Gerindra.

"Sudah diserahkan KTA Gerindra kepada Mas Marrel," kata Widi.

Marrel selain itu juga menjadi kader Gerindra bukan untuk diusung pada Pilkada serentak 2024 ini. Gerindra telah mengusung pasangan M. Afnan Hadikusumo-Singgih Raharjo di Kota Yogyakarta, lampau Abdul Halim Muslih-Aris Suharyanta di Bantul.

Kemudian, Marija-Yusron Mustofa di Kulon Progo, Harda Kiswaya-Danang Maharsa di Sleman, serta Sutrisna Wibawa-Sumanto di Gunungkidul.

"Formulir model B1 KWK paslon satu kota dan empat kabupaten se-DIY sudah kami serahkan. Jadi, hari ini kami menjadi partai pertama di DIY nan selesai (pencalonan) di seluruh kabupaten dan kota," kata Sekretaris DPD Partai Gerindra DIY, Nur Subiantoro.

(kum/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional