Penangkaran Jebol, Buaya-buaya Masuk Permukiman Warga di Cianjur

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 03 Okt 2024 15:39 WIB

Kawanan buaya lepas dari penangkaran dan memasuki permukiman penduduk setelah penangkaran di Kelurahan Sayang, Cianjur, Jabar, jebol akibat hujan deras. Sejumlah buaya memasuki permukiman penduduk Kelurahan Sayang, Kabupaten Cianjur, usai penangkaran buaya di wilayah itu jebol akibat hujan deras. (Foto: AFP/HANDOUT)

Jakarta, CNN Indonesia --

Penangkaran buaya di Jalan Perintis Kemerdekaan di Kampung Gunung Calung, Kecamatan Cianjur, Kelurahan Sayang, Kabupaten Cianjur jebol.

Peristiwa ini menciptakan kepanikan lantaran beberapa ekor buaya penangkaran lepas dan berkeliaran permukiman warga.

Diberitakan detikcom, peristiwa ini bermulai dari tembok penangkaran nan jebol saat hujan deras mengguyur area itu pada Rabu (2/10) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Video nan beredar di media sosial merekam upaya penduduk mencari buaya-buaya nan lepas keluar penangkaran. Warga menyisir sawah dan semak-semak di perkampungan dan sukses menangkap seekor buaya ukuran besar. 

Lurah Sayang Wiji Eko mengatakan di penangkaran tersebut terdapat 80 ekor buaya. Jumlah tersebut berasas surat penitipan BKSDA ke penangkaran.

"Informasinya dititipkan sejak 2016 oleh BKSDA. Kalau dari surat nan saya lihat ada 80 ekor nan dititip di sini," kata dia, Kamis (3/10/2024).

Dia membenarkan ada sejumlah buaya nan keluar penangkaran akibat tembok jebol. Namun Wuju belum bisa memastikan berapa jumlah buaya nan lepas dari penangkaran.

"Dari 80 ekor tersebut ada beberapa nan kabur. Sebagian kabur ke area galian C dan ada dua nan kabur ke kali dan sawah dekat pemukiman warga," kata dia.

"Kalau jumlah pastinya belum tahu. Masih disisir sepanjang aliran sungai dan di sekitaran letak penangkaran. Sementara sudah ditangkap 3 ekor. Dua ditangkap di kali dan sawah, sedangkan satu lagi di area galian C," imbuhnya.

Wiji juga mengimbau kepada penduduk setempat untuk waspada dan melaporkan andaikan memandang buaya nan keluar dari penangkaran.

"Saya sudah imbau kepada RT dan RW setempat untuk tetap waspada. Segera laporkan andaikan memandang buaya," tambahnya.

Baca selengkapnya di sini...

(tim/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional