Cucu SYL Andi Tenri Disebut Punya Usaha Tambang

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Cucu mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Andi Tenri Bilang Radisyah Melati namalain Bibie, disebut mempunyai upaya pertambangan berbareng teman-temannya.

Hal itu disampaikan oleh ibu Bibie, Indira Chunda Thita, untuk menjelaskan info anaknya nan sering menukar duit dolar, dalam persidangan kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi SYL dkk di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (5/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mulanya, pengadil personil Ida Ayu Mustikawati mengonfirmasi keterangan asisten pribadi Thita, Nur Habibah Al Majid, perihal penukaran duit dolar nan biasa dilakukan oleh Bibie.

"Keterangan Nur Habibah mengenai dengan penukaran-penukaran duit dolar, Saudara tahu tidak?" tanya hakim.

"Pernah dengar, nan Mulia," jawab Thita.

Hakim lantas mendalami sumber duit nan ditukarkan Bibie ke dalam corak dolar tersebut.

"Karena Nur Habibah menyatakan bahwa Saudara menanyakan 'kenapa Bibie tukar-tukar duit dolar terus', pernah tidak seperti itu?" tanya pengadil lagi.

"Pernah," ungkap Thita nan juga merupakan personil DPR RI Fraksi NasDem.

"Tahu tidak itu duit dari mana?" lanjut hakim.

"Tahu," kata Thita singkat.

Thita nan merupakan putri SYL ini mengungkapkan Bibie mempunyai perkumpulan nan melakukan pengelolaan upaya tambang. Ia pun meyakini sumber duit Bibie dari aktivitas tersebut.

"Bibie ada upaya sama teman-temannya," tutur Thita.

"Usaha apa?" tanya pengadil mendalami.

"Usaha ada kumpul di pertambangan," ungkap Thita.

"Saudara tahu itu?" memberondong hakim.

"Saya hanya dengar dari anak saya," terang Thita.

SYL bersama-sama dengan dua terdakwa lainnya ialah Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementan Muhammad Hatta diadili atas kasus dugaan pemerasan hingga mencapai Rp44.546.079.044 dan gratifikasi dianggap suap sejumlah Rp40.647.444.494 selama periode 2020-2023.

Adapun SYL juga telah ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Kasus tersebut tetap dalam tahap investigasi di KPK.

(ryn/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional