Daftar 9 Nama Pansel KPK yang Dibentuk Jokowi, Kepala BPKP Jadi Ketua

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 30 Mei 2024 15:09 WIB

Presiden Joko Widodo telah meneken Keputusan Presiden mengenai panitia seleksi calon komisioner dan majelis pengawas KPK periode 2024-2029. Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh ditunjuk sebagai Ketua Pansel KPK. (CNBC Indonesia/Tri Susilo).

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Keputusan Presiden (Keppres) mengenai panitia seleksi calon komisioner dan majelis pengawas KPK periode 2024-2029. Ada sembilan nama nan masuk dalam pansel tersebut.

Mensesneg Pratikno menyebut sembilan nama itu terdiri dari lima orang dari pemerintah pusat dan empat orang lainnya dari unsur masyarakat sipil.

"Memang betul bapak Presiden sudah menandatangani lengkapnya adalah Keppres tentang panitia seleksi Pimpinan dan Dewas KPK. Jadi ini satu panitia sekaligus untuk seleksi Pimpinan KPK dan personil Dewas KPK," kata Pratikno di Gedung Utama Kemensetneg, Jakarta, Kamis (30/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pratikno menyebut Jokowi telah menunjuk Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh sebagai Ketua Pansel, serta Rektor IPB sekaligus Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Arif Satria sebagai Wakil Ketua merangkap anggota.

"Ketuanya dari unsur pemerintah pusat sebagaimana diatur dalam PP Nomor 4 tahun 2020," kata dia.

Kemudian untuk tujuh personil lainnya yakni:

- Dr. Ivan Yustiavandana
- Nawal Nely
- Ahmad Erani Yustika
- Ambeg Paramarta
- Elwi Danil
- Rezki Sri Wibowo
- Taufik Rachman

Pratikno melanjutkan mereka bakal bekerja secepatnya sebagai tindak lanjut Keppres dikeluarkan. Nantinya pansel bakal bekerja melakukan seleksi terhadap para calon ketua KPK sebelum diproses DPR untuk tes uji kepatutan dan kepantasan alias fit and proper test.

"Kita harapkan Pansel secara optimal bekerja sebaik-baiknya untuk menentukan nama-nama nan dibawa dan diusulkan ke DPR," ujarnya.

(kha/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional