Daftar Cagub Diusung Gerindra di 6 Provinsi, dari Aceh hingga Jateng

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra resmi mengumumkan daftar bakal calon gubernur nan bakal diusung di enam provinsi pada Pilkada 2024.

Enam provinsi meliputi Aceh, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Tengah, Maluku, dan Sulawesi Selatan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani berbicara bahwa nama bakal cagub di wilayah tersebut telah disepakati Ketua Umumnya, Prabowo Subianto.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di Aceh, Gerindra bakal mengusung Muzakir Manaf. Dia merupakan mantan Wakil Gubernur Aceh nan menjabat pada 2012-2017.

Muzakir Manaf saat ini juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Aceh sejak 2007. Sebelumnya, Muzakir dikenal sebagai mantan Panglima Komando Pusat Gerakan Aceh Merdeka (GAM) menggantikan pendahulunya, Abdullah Syafi'i.

"Untuk Aceh, calon gubernur nan beliau (Prabowo) putuskan untuk maju adalah kerabat Muzakir Manaf," kata Muzani.

Di Jawa Tengah, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi yang bakal diusung partai berlambang Kepala Burung Garuda itu. Untuk cawagubnya, Gerindra belum menentukan, namun nama Kaesang Pangarep menjadi pertimbangan.

"Kemudian Jawa Tengah, Pak Prabowo putuskan adalah Irjen Pol Ahmad Luthfi menjadi calon gubernur provinsi Jawa Tengah," kata Muzani.

Kemudian di NTT, Gerindra menyatakan support kepada Emmanuel Melkiades Laka Lena. Dia merupakan politikus Partai Golkar nan saat ini menjadi personil Komisi IX DPR dari partainya.

Sedangkan di Maluku, Gerindra menyatakan support kepada kader mereka Hendrik Lewerisaa. Hendrik saat ini merupakan personil DPR dari Gerindra nan bekerja di Komisi IV. Hendrik juga merupakan Ketua DPD Gerindra di provinsi tersebut.

Lalu di Kalimantan Tengah, Gerindra menyatakan support kepada Agustiar Sabran. Dia merupakan politikus PDIP nan saat ini menjadi personil DPR dari fraksi partainya.

Gerindra mengusulkan Agustiar dipasangkan dengan Edy Pratowo, kader Partai Golkar nan saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Kalimantan Tengah mendampingi Sugianto Sabran.

Terakhir di Sulawesi Selatan, Gerindra menyatakan support kepada Andy Sudirman Sulaeman. Dia merupakan mantan gubernur petahana nan menjabat 2022-2023 menggantikan Nurdin Abdullah nan tersandung kasus korupsi.

Gerindra mengusulkan Andy didampingi Fatmawati Rusdi, mantan Wakil Wali Kota Makassar nan mendampingi Dany Pomanto.

Selain Kalteng dan Sulsel, Muzani mengatakan, Partai Gerindra tetap mempertimbangkan nama cawagub. Menurut dia, nama cawagub bakal diputuskan dalam proses komunikasi koalisi dengan partai-partai lain.

(thr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional