Daftar Last Minute di Pilkada Kendal, Berkas Dito Ditolak KPU

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Semarang, CNN Indonesia --

Bupati Kendal Dico Ganinduto ditolak oleh KPU Kabupaten Kendal saat mencoba mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati Kendal lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Alasan KPU menolak Dico yang berpasangan dengan Ali Nurudin karena sebelumnya, DPP PKB telah mengusung pasangan Dyah Kartika dan Benny Karnadi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati tahun 2024 atas nama calon Bupati Dico Ganinduto dan calon Wakil Bupati Ali Nurudin nan diusung oleh PKB nan seperti kita ketahui tadi pagi PKB juga sudah mengantar atas nama pasangan Tika Permana Sari dan Benny Karnadi," kata Ketua KPU Kendal Kasanudin saat membacakan hasil rapat pleno, Kamis (29/8) malam.

Kasanudin mengatakan penolakan terhadap Dico-Ali Nurudin berdasarkan patokan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada dan PKPU Nomor 8 Tahun 2024.

"Sesuai hasil pleno bahwa minta izin untuk menyampaikan pendaftaran bupati dan wakil bupati Kendal atas nama bapak Dico dan Ali Nurudin dinyatakan tidak diterima dan dikembalikan," imbuh Kasanudin.

Atas penolakan ini, pihak KPU Kendal akhirnya mengembalikan berkas tersebut kepada Ketua DPC PKB Kabupaten Kendal M.Makmun.

Dico yang datang mendaftar ke KPU Kendal pukul sekitar pukul 23.00 WIB, berencana memperkarakan penolakan KPUD tersebut ke Bawaslu.

"Saya sudah berbincang panjang lebar mengenai proses ini dan tadi disampaikan ada Bawaslu, Insya Allah lantaran niat kita untuk pembangunan kemajuan Kendal nan berkelanjutan, maka ikhtiar bakal terus kita perjuangkan dan jalankan menjadi opsi kita, kita bakal sengketakan ke Bawaslu Kendal", ujar Dico.

Dico merupakan Politisi Golkar yang awalnya sempat bakal maju di Pilwakot Semarang diusung oleh Golkar dan PSI. Namun, mendekati masa pendaftaran, Golkar dan PSI mencabut support dan mengalihkannya mendukung pasangan Yoyok Sukawi dan Joko Santoso.

(dmr/wis)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional