Daftar Penutupan Lalu Lintas Saat Kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan pengawalan lampau lintas dengan standar pengamanan kepala negara saat kehadiran Paus Fransiskus ke Jakarta.

Pengawalan dengan rangkaian kebesaran ini dilakukan sejak Paus mendarat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Selasa (3/9).

"Kita sudah melakukan gelar pasukan di Cilangkap dan besok kehadiran mulai tanggal 3 (September) kelak mendarat di Bandara Soetta. Nanti bakal menuju Kedubes Vatikan nan ada di sekitar Jalan Merdeka Utara," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Senin (2/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Nah, perlu diketahui bahwa kehadiran Paus ini juga sebagai kepala negara sehingga kelak dalam sistem pengamanannya, khususnya kamseltibcarlantas kita menggunakan sistem rangkaian kebesaran sehingga perlu diketahui oleh masyarakat rangkaian kebesaran ini tentunya seluruh jalur nan bakal dilintasi oleh Bapak Paus ini adalah klir," sambungnya.

Latif mengatakan pihaknya bakal menutup sementara sejumlah ruas jalan saat Paus melintas. Dia mengatakan sejumlah ruas jalan nan bakal ditutup sementara itu antara lain Tol Sedyatmo, Tol Dalam Kota, serta Jalan Sudirman-Thamrin hingga Kedubes Vatikan.

"Jadi pada ruas jalan nan bakal menuju jalur nan berbarengan tentunya bakal kita lakukan penutupan sementara. Tetapi ini sifatnya situasional. Jadi pada saat diinformasikan Paus sudah mendarat di bandara, jalur mulai dari Soekarno-Hatta, Tol Sedyatmo, Tol Dalam kota, jalur Sudirman-Thamrin sampai dengan Dubes Vatikan, kita bakal lakukan klir," ujar Latif.

Dia mengatakan rekayasa lalin bakal dilanjutkan pada hari kedua kunjungan Paus. Dia mengatakan jalan nan dilewati Paus menuju Istana, Katedral dan Masjid Istiqlal juga bakal ditutup sementara.

"Kegiatan tanggal 4, Paus ini bakal menuju ke Istana kemudian menuju ke Istiqlal dan menuju ke Katedral. Kita juga bakal melakukan pengawalan kebesaran sehingga ruas jalan dari Dubes Vatikan menuju Istana, kita juga bakal clear-kan. Kemudian kelak juga pada saat kunjungan ke Istiqlal, tempat itu juga bakal kita clear-kan, ke Katedral juga bakal kita clear-kan," tutur Latif.

"Khususnya memang di sekitaran itu, khususnya di Harmoni. Di Harmoni, kita bakal lakukan rekayasa lampau lintas dan juga di Tugu Tani, kita bakal lakukan rekayasa lampau lintas, dan juga di Bundaran Patung Kuda, kita juga bakal melakukan rekayasa lampau lintas. Ini pun sifatnya sangat situasional lantaran kita lihat aktivitas dari beliau untuk mengunjungi tempat tersebut," lanjutnya.

Pada 5 September, polisi juga bakal melakukan rekayasa di jalan menuju Gelora Bung Karno nan menjadi letak misa berbareng Paus. Rekayasa lampau lintas bakal dilakukan sejak sebelum misa dimulai.

"Nah, nan paling krusial, perlu kami informasikan ini, perlu diketahui oleh seluruh masyarakat dan mungkin aktivitas masyarakat kota Jakarta bakal sedikit terganggu, khususnya pada tanggal 5 (September) hari Kamis 2024 mulai pukul 06.00 WIB," ujarnya.

Baca selengkapnya di sini.

(tim/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional