Daftar Sosok Bakal Calon Pilgub Jabar Selain Ilham Habibie

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Masyarakat Jawa Barat bersiap untuk memilih pemimpin baru dalam Pilgub Jabar saat Pilkada serentak 2024 yang bakal digelar pada November mendatang.

Peta politik provinsi dengan jumlah masyarakat terbanyak di Indonesia pun makin panas jelang proses pendaftaran calon gubernur dan calon wakil gubernur pada Pilgub Jabar.

Sejumlah nama sudah muncul, terbaru adalah putra sulung almarhum Presiden ketiga RI BJ Habibie, Ilham Akbar alias Ilham Habibie, nan diumumkan mendapat rekomendasi dari Partai NasDem.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Hari ini DPP Partai Nasdem bakal menyerahkan rekomendasi kepada Bapak Ilham Habibie sebagai calon gubernur alias calon wakil gubernur Jawa Barat," ujar Ketua DPW Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa, di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (6/6).

Namun, Ilham Habibie bukan satu-satunya nama besar nan bertengger dalam panggung politik Jawa Barat. Berikut adalah beberapa nama lain nan diprediksi bakal meramaikan kontestasi Pilgub Jabar 2024 sejauh ini.

Ridwan Kamil

Mantan Gubernur Jawa Barat ini berpotensi kembali mencalonkan diri untuk periode kedua setelah mendapatkan surat tugas dari Partai Golkar.

Ridwan Kamil diminta untuk memperkuat komunikasi politik dengan beragam partai dan tokoh lainnya guna menghadapi Pilkada 2024.

Menariknya, Golkar juga mempertimbangkan arsitek tersebut sebagai calon gubernur DKI Jakarta, menunjukkan sungguh tingginya kepercayaan partai ini padanya.

Terbaru, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan bahwa Gerindra sudah mengeluarkan surat rekomendasi bagi RK untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi berasosiasi ke Partai Golkar. Sesaat sebelum pulang, Ridwan Kamil menunggangi Vespa kuning.Eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil sekarang dikenal sebagai politikus Golkar. (Detik.com/Andhika Prasetia)

Desy Ratnasari

Kader PAN nan juga seorang selebritas Desy Ratnasari, masuk juga dalam bursa Pilgub Jabar 2024.

Desy saat ini adalah personil DPR periode 2019-2024 dan juga Ketua PAN di Jawa Barat. Perempuan berumur 50 itu pun sudah menyatakan kesiapannya bila kemudian 'dipinang' untuk maju di Pilgub Jabar.

"Sebagai kader, tentu kudu siap ditugaskan dimana pun," tegasnya beberapa waktu lalu.

Pada Pileg periode 2024-2029, Desy Ratnasari kembali sukses mendapatkan bangku DPR RI di Dapil Jawa Barat IV usai meraup 78.306 suara.

Sekjen DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno (kiri) menyaksikan Ketua DPW PAN terpilih Desy Ratnasari (kanan) nan memberikan kata sambutan pada aktivitas musyawarah wilayah V PAN Jawa Barat di Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/10/2020). Dalam musyawarah wilayah V PAN tersebut, Anggota DPR RI Desy Ratnasari terpilih menjadi Ketua DPW PAN Jawa Barat dan menargetkan 15 bangku DPRD Jawa Barat pada Pilkada 2024 mendatang. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.Ketua DPW PAN Jawa Barat Desy Ratnasari. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)

Bima Arya

Eks Wali Kota Bogor, Bima Arya, juga menjadi politikus dari PAN nan disebut-sebut jadi bakal kandidat untuk Pilgub Jabar.

Pada awal bulan Mei, Bima Arya berbareng relawannya juga sudah mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat.

"Bismillah kita bergerak menuju Gedung Sate, kita bergerak untuk Jawa Barat," kata Bima Arya di Monumen Pahlawan Covid-19, Kota Bandung, Sabtu (4/5).

Dalam rangka Hari Bakti PU ke70, Perpustakaan Kementerian PUPR menggelar obrolan Majalah Kiprah, di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu 25112015. Dalam obrolan tersebut datang sebagai pembicara Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Rengga Sancayadetikcom.Eks Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. (Detik.com/Rengga Sancaya)

Uu Ruzhanul Ulum

Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, juga menjadi salah satu tokoh nan berkesempatan maju pada Pilgub Jabar 2024.

Politikus PPP itu mengaku tidak menutup kemungkinan untuk maju sebagai calon gubernur jika situasi politik mendukung.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memberikan kata sambutan saat pembukan training kompetensi pegendali organisme pengganggu tumbuhan (POPT) di Gedung BPSDM, Cimahi,  Jawa Barat, Senin (22/8/2022). Sebanyak 500 petugas POPT dari beragam kota dan kabupaten di Jawa Barat mengikuti training kompetensi nan meliputi metode dasar POPT, pengaruh suasana dalam pertanian serta metode pengamatan tanaman. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.Eks Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)

Dedi Mulyadi

Mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi nan kini bersama Gerindra itu juga disebut-sebut sebagai kandidat potensial.

Dengan pengalaman dan popularitasnya, Dedi Mulyadi siap memimpin Jawa Barat jika diberi kesempatan.

"Saya sudah berpidato beberapa kali, saya siap jadi RT, saya siap jadi RW, saya siap menjadi kepala desa. Saya jadi camat tidak mungkin, saya menjadi bupati dua periode tidak mungkin, paling mungkin jadi gubernur," kata dia pada 2023 lalu.

Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Dedi Mulyadi.Eks kader Golkar nan sekarang berbareng Gerindra, Dedi Mulyadi. (Dok. Arsip Pribadi)

(csp/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional