Dari Mana Modal Kaesang hingga Mampu ke AS dengan Menggunakan Jet Pribadi?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep tetap menjadi sorotan masyarakat. Usai sang istri, Erina Gudono, memamerkan perjalanan mewahnya ke Amerika Serikat dengan menggunakan jet pribadi, info mengenai upaya Kaesang pun banyak dicari tahu netizen Indonesia.

Seperti diketahui, sebelum terjun ke bumi politik, putra bungsu Presiden Jokowi itu dikenal sebagai seorang pengusaha. Dia mempunyai sejumlah upaya nan tersebar di beragam sektor, mulai dari kuliner, fesyen, hingga aplikasi digital. Meski begitu, beberapa upaya Kaesang diketahui merugi hingga telah gulung tikar sejak beberapa tahun lalu.

Di sisi lain, sejumlah upaya nan dimiliki oleh Kaesang pernah beberapa kali mendapatkan kucuran biaya segar dengan nilai nan fantastis, hingga jutaan dolar AS. Lantas, dari mana sebenarnya modal Kaesang hingga bisa ke Amerika Serikat dengan menggunakan jet pribadi?

Modal Bisnis Kaesang

Berdasarkan laporan Majalah Tempo berjudul “Dari Mana Modal Bisnis Kaesang Pangarep,” disebutkan bahwa perusahaan patungan berjulukan GK-Plug and Play Indonesia alias PT Gan Inovasi Solusindo merupakan salah satu perusahaan nan mengucurkan modal untuk upaya rintisan nan didirikan Kaesang, Teknakopi. 

Tidak diketahui berapa jumlah biaya nan digelontorkan. Namun, petinggi perusahaan itu, Anthony Pradiptya, menduduki kedudukan sebagai Direktur di PT Harapan Bangsa Kita (GK Hebat), perusahaan nan menaungi Ternakopi. Meski begitu, upaya tersebut sekarang telah tutup.

Pada 2020, upaya kuliner nan dikelola Kaesang dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka, juga makin moncer setelah mendapatkan sejumlah modal dari perusahaan patungan. Alpha JWC Ventures menyuntikkan biaya senilai US$ 2 juta alias sekitar Rp 30 miliar (kurs Rp 15.427) untuk startup Mangkokku.

Iklan

Pada 2022, giliran Alpha JWC berbareng Emtek dan Cakra Ventures mengucurkan pendanaan Seri A sebesar US$ 7 juta, sekitar Rp 107 miliar ke Mangkokku. Tiga tahun sebelumnya, Alpha JWC juga nan memberikan pendanaan perdana senilai US$ 5 juta kepada upaya minuman tradisional Gibran, Goola.

Meski begitu, tak semua suntikan biaya itu membikin upaya Kaesang lancar. Saat ini apalagi Goola telah menutup semua gerainya dan penjualan via aplikasi berbasis daring sudah lama tak tersedia. Hal ini sama seperti nan terjadi pada Ternakopi, nan tutup pada 2022

Selengkapnya Baca: Dari Mana Modal Bisnis Kaesang Pangarep

EGI ADYATAMA | FRANCISCA CHRISTU ROSANA | MOH. KHORY ALFARIZI | AHMAD RAFIQ | AMELIA RAHIMA SARI | NANDITO PUTRA

Pilihan Editor: 60 ASN Diundang Work from IKN, Diharap Bisa Tularkan Pengalaman ke Rekan Mereka

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis