Darurat Global Cacar Monyet, Menkes Siapkan Vaksin

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 15 Agu 2024 16:04 WIB

WHO telah menetapkan darurat kesehatan dunia untuk pandemi Mpox alias cacar monyet nan terjadi di Afrika. Kemenkes menyiapkan langkah antisipasi. Kemenkes menyiapkan vaksinasi untuk mengantisipasi pandemi cacar monyet alias Mpox nan telah ditetapkan WHO sebagai darurat kesehatan global. (Foto: Getty Images/Hollie Adams)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah menyiapkan vaksin untuk mengantisipasi penyebaran pandemi virus Mpox alias cacar monyet di Indonesia.

Antisipasi ini merespons langkah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menetapkan keadaan darurat kesehatan dunia atas pandemi Mpox di Afrika.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) nan ditetapkan WHO atas pandemi Mpox ini adalah peringatan tertinggi tentang ancaman penyebaran penyakit.

"Kita sekarang lagi mempersiapkan vaksin. Kita beruntung ya lantaran tetap ada vaksin cacar dulu, inget enggak? Saya enggak tahu sampai tahun berapa, saya sendiri tetap di vaksin cacar. Itu memberikan keimunan nan cukup baik," kata Budi di Istana Wapres, Kamis (15/8).

Budi menyebut Indonesia terbilang beruntung lantaran tetap mempunyai vaksin cacar. Hal ini berbeda dengan negara-negara di Eropa nan sudah tak lagi mempunyai vaksin tersebut.

"Itu memberikan keimunan nan cukup baik. Kalau di Eropa itu kan sudah enggak diberikan kan sehingga mereka tidak mempunyai keimunan itu. Sehingga kita tetap mempunyai imunitas," ucap dia.

Budi menuturkan saat ini pihaknya tengah mengkaji apakah bakal melakukan vaksinasi terhadap orang-orang nan belum divaksin guna mengantisipasi penyebaran pandemi cacar monyet.

"Nah, sekarang kita lagi kaji apakah perlu diberikan lagi imunisasi itu, vaksinasi itu kepada golongan-golongan nan belum di vaksin," ujarnya.

Status darurat kesehatan dunia diumumkan WHO pada Rabu (14/8), setelah mengadakan pertemuan dengan para mahir untuk mempelajari pandemi tersebut. Hasil pertemuan itu menjadi rekomendasi kepada Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

"Hari ini, komite darurat berjumpa dan memberi tahu saya bahwa menurut pandangannya situasi tersebut merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat nan menjadi perhatian internasional. Saya telah menerima saran itu," kata Tedros dalam konvensi pers, dikutip AFP.

(rzr/dis/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional