Dekorasi Alam MINIMIZU UMKM Binaan BRI, Mencuri Perhatian Pameran Kriyanusa 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS - Salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bimbingan Rumah BUMN (RB) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, ialah MINIMIZU ikut berperan-serta di Kriyanusa, pameran kerajinan dan seni kriya nan dihelat pada 28 Agustus – 1 September 2024, di Jakarta Convention Center (JCC).

Brand di bagian seni imajinatif nan berasal dari Ciputat Tangerang Selatan ini digagas oleh pasangan suami istri berjulukan Agri dan Irna. “MINIMIZU sendiri produknya spesifik ke natural decoration alias home dekor nan semuanya serba natural,” ujar Irna.

Terdapat beberapa macam produk, seperti aquascape, paludarium, terrarium, dan moss art. UMKM ini memproduksi produk unik nan menyediakan beragam macam corak model dan kreasi sesuai permintaan konsumen.

Dijual secara offline dan online, MINIMIZU mempunyai sistem pre-order, yang dikerjakan selama 5 hari hingga empat minggu tergantung volume dan tingkat kerumitan produk. Pasangan suami istri ini juga memberdayakan sebanyak empat tenaga kerja di rumahnya untuk membantu proses produksi.

Adapun produk nan paling unik, ialah paludarium nan merupakan campuran antara air dengan darat, menampilkan hiasan separuh air dan di atasnya terdapat tanaman darat.

Irna pun bercerita, awal mula usahanya berasosiasi dengan Rumah BUMN BRI ialah melalui program inkubator upaya berjulukan BRIncubator. Program ini merupakan pengembangan bagi pelaku UMKM nan bermaksud untuk meningkatkan kapabilitas usaha. MINIMIZU mendaftar dan mengikuti programnya pada tahun lalu, hingga sukses menjuarai di Peringkat 1 di BRIncubator.

Ia melanjutkan, selama masa inkubasi nan menyantap waktu satu bulan, UMKM diberikan pelatihan-pelatihan dan serangkaian test. Sejak saat itu, MINIMIZU mulai dikenal luas di pasaran lantaran BRI turut aktif mempromosikan produknya. Omzet nan dihasilkan pun mencapai puluhan juta dalam satu bulan.

Iklan

“Dengan berasosiasi di Rumah BUMN BRI, produk kami jadi lebih banyak dikenal oleh masyarakat sekitar. Beberapa lembaga juga mengontak andaikan mereka memerlukan hiasan di instansi alias keperluan souvenir,” kata dia. Tak hanya itu, MINIMIZU juga telah sukses ekspor ke Jepang dan Italia.

“Sejak berasosiasi dengan Rumah BUMN BRI lumayan banyak orderan. Semoga ke depan terus bersambung dan lebih banyak proyek kolaborasi,” kata Irna.

Terkait partisipasi MINIMIZU pada arena Kriyanusa 2024, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan bahwa kesempatan berperan-serta dalam aktivitas tersebut merupakan corak komitmen nyata BRI dalam memberdayakan UMKM binaan. Hal ini sejalan dengan komitmen BRI dalam mewujudkan UMKM naik kelas hingga pasar global.

“Harapannya dengan adanya event berskala nasional seperti ini bakal terus membuka akses dan kesempatan kepada para pelaku UMKM nan ujungnya dapat membikin mereka naik kelas,” ucap Catur.

UMKM nan berasosiasi dalam pameran Kriyanusa mencapai 420 stan kriya, nan 30 persen berasal dari pengrajin muda, kemudian ada 24 stan kuliner. Pameran nan tahun ini mengangkat ikon kebudayaan Kalimantan Timur tersebut dimeriahkan dengan beragam aktivitas seperti pameran, fashion show, talk show, dan lokakarya, serta musik. (*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis