Demo Jatam Kaltim: Otorita IKN Pemain Terbaik Perampasan Ruang Hidup

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kalimantan Timur menggelar tindakan di depan instansi Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Balikpapan, menjelang HUT ke-79 Republik Indonesia, Kamis (15/8).

Dalam aksinya, Jatam Kaltim membawa sejumlah spanduk berisi kritik terhadap pembangunan IKN. Mereka juga membawa semacam piala penghargaan untuk otorita IKN.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita berikan piala kepada otorita IKN sebagai pemain terbaik perampasan ruang hidup," kata salah satu orator aksi.

Jatam Kaltim mengkritik pembangunan IKN nan terkesan dipaksakan sehingga berkapak pada munculnya beragam masalah di masyarakat, seperti perampasan ruang hidup, intimidasi dan sejumlah kriminalisasi.

"Juga menghancurkan pulau-pulau lain hingga ancaman kebangkrutan lantaran penggunaan biaya publik dengan jumlah fantastis," ucapnya.

Massa tindakan mengatakan Presiden Joko Widodo bakal menggelar perhelatan upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN. Namun, mengabaikan tumpukan persoalan sosial-ekologis terutama dalam siklus pembangunan Ibu Kota Baru Indonesia.

"Presiden Jokowi nan malah sibuk membikin kampanye tiruan tentang Ibu Kota Baru tersebut," tuturnya.

Jatam Kaltim juga menyoroti siapa nan bakal mendulang untung dari mega-proyek berbobot Rp466 triliun ini. Pasalnya, penentuan letak pembangunan Ibu Kota Baru Indonesia dianggap sangat tidak partisipatif dan tidak mempunyai info pendukung nan mudah diakses dan
transparan.

Jatam Kaltim pun mendesak agar seluruh proses pembangunan Ibu Kota Baru Indonesia dihentikan lantaran berpotensi membangkrutkan Indonesia.

"Dan mengevaluasi seluruh proses pada mega-proyek ini serta memastikan semua proses tersebut transparan dan dapat diawasi langsung oleh masyarakat Indonesia," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi bakal menggelar upacara peringatan HUT RI di IKN Kalimantan Timur, meski dihadapkan kebenaran bahwa pembangunan prasarana dasar belum sepenuhnya siap.

Pada awal Juli lalu, Jokowi batal berkantor di IKN Nusantara buntut ketidaksiapan akomodasi dasar. Jokowi menegaskan bakal pindah ketika akomodasi dasar, seperti listrik dan air bersih sudah siap.

Orang nomor satu di Indonesia itu akhirnya berkantor di IKN Nusantara pada 29-31 Juli 2024. Meski demikian, Jokowi tidak bisa tidur nyenyak. Hal itu lantaran ada masalah pada pendingin ruangan namalain air conditioner (AC).

Jokowi sempat membantah pembangunan IKN Nusantara diburu-buru alias kejar target. Ia menegaskan hingga saat ini progres pembangunan IKN sudah sesuai dengan peta jalan nan ditetapkan sedari awal.

Mantan Wali Kota Solo itu juga menegaskan megaproyek IKN merupakan sebuah proyek pembangunan jangka panjang, sehingga hasil keseluruhan tidak bisa dilihat dalam waktu singkat.

(yla/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional