Demokrat Belum Putuskan Dukungan Calon di Pilkada Jateng

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 23 Agu 2024 23:50 WIB

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan partainya belum memutuskan support calon untuk Pilkada Jawa Tengah (Jateng) di tahun 2024. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA).

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan partainya hingga saat ini belum memutuskan support calon untuk Pilkada Jawa Tengah (Jateng) di tahun 2024.

Hanya saja, dia memastikan Demokrat bakal mendukung calon nan memenuhi syarat.

Hal itu disampaikan AHY menjawab pertanyaan awak media perihal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 70 dan sikap Koalisi Indonesia Maju Plus (KIM+) nan batal mendukung putra Presiden Joko Widodo ialah Kaesang Pangarep di Pilgub Jateng.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami sendiri belum mengambil keputusan final," ujar AHY di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (23/8).

AHY menambahkan pihaknya bakal alim dengan putusan MK nomor 70 tahun 2024 nan mengatur syarat usia calon kepala wilayah berumur 30 tahun terhitung saat penetapan alias pendaftaran. Ia apalagi meminta KPU untuk segera menerbitkan Peraturan KPU sesuai dengan putusan MK tersebut.

"Kami tentu mendukung agar KPU juga bisa segera mengeluarkan PKPU nan tentunya sejalan dengan keputusan Mahkamah Konstitusi. Saya ulangi, nan sejalan dengan keputusan Mahkamah Konstitusi. Juga tentunya segaris dengan pernyataan ketua DPR nan kemarin," kata dia.

Tahapan Pilkada 2024 bakal memasuki agenda pengumuman pendaftaran pasangan calon pada 24-26 Agustus. Kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran pasangan calon pada 27-29 Agustus.

(ryn/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional