Demokrat Resmi Usung Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Demokrat resmi mengusung pasangan Bobby Nasution-Surya untuk maju di Pilgub Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Surat rekomendasi itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke Bobby-Surya di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Kamis (8/8) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bobby mengucapkan terima kasih kepada AHY dan Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) usai mendapatkan rekomendasi.

"Tentunya kami terima kasih setinggi-tingginya kepada Ketua Majelis Tinggi Pak SBY. Beliau jadi salah satu apa nan mau kami cita-citakan. Buah pikir beliau, untuk kami bawa di Sumut," kata Bobby.

Bobby nan juga mantu Presiden Jokowi memborong support dari delapan partai politik untuk maju di Pilgub Sumut. Selain Demokrat, Bobby telah didukung oleh antara lain Golkar, Gerindra, PAN, PKB, NasDem, PPP, dan PKS.

Bobby sekarang tetap berstatus sebagai wali kota Medan. Sementara Surya merupakan Bupati Ashan.

Di tempat nan sama, AHY turut menyerahkan surat rekomendasi ke pasangan Mahyeldi Ansharullah-Vasko Ruseimy di Pilkada Sumatra Barat 2024.

Mahyeldi merupakan gubernur petahana Sumatra Barat. Kader PKS ini menjabat sebagai Gubernur Sumbar terpilih pada Pilkada 2020. Mahyeldi juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Padang dua periode.

Sementara Vasco merupakan politikus Gerindra. Selian Demokrat, pasangan ini telah mendapatkan surat rekomendasi dari Gerindra dan PKS.

"Kami sampaikan bahwa kepada kekuatan politik lain, terbuka kesempatan bekerja sama untuk bangun Sumbar yg lebih baik masa bakal datang," kata Mahyeldi dalam pidatonya.

Pada kesempatan nan sama AHY turut memberikan rekomendasi kepada bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur di tiga provinsi lainnya. Salah satunya adalah Kapolda Papua Irjen Mathius Derek Fakhiri untuk maju di Pilgub Papua.

Berikut tujuh daftar pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur nan diusung Demokrat:

1. Sumatera Utara: Bobby Nasution-Surya

2. Sumatera Barat: Mahyeldi-Vasko Ruseimy

3. Kalimatan Utara: Yansen Tipa Padan - Suratno

4. Bengkulu: Helmy Hasan - Mian

5. Papua: Mathius D. Fakhiri-Aryoko A. F. Rumaropen

6. Kalimatan Timur: Isran Noor - Hadi Mulyadi

7. Sulawesi Barat: Suhardi Duka - Salim S. Mengga

(rzr/rds)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional