Demokrat Tinggalkan Wakil Bobby, Pilih Keponakan Surya Paloh di Medan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 28 Agu 2024 19:10 WIB

Partai Demokrat menarik support dari pasangan Aulia Rachman-Hidayatullah di Pilkada Medan 2024, dan mengalihkan support ke pasangan Rico Waas dan Zakiyuddin Ilustrasi pemberian tinta sudah memilih saat gelaran pilkada. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Medan, CNN Indonesia --

Partai Demokrat tiba tiba menarik support dari pasangan Aulia Rachman - Hidayatullah di Pilkada Medan 2024.

Partai ini mengalihkan support ke pasangan Rico Waas dan Zakiyuddin untuk diusung sebagai bakal calon Wali Kota - Wakil Wali Kota Medan.

Sekretaris DPD Demokrat Sumut Yudha Johansyah membenarkan bahwa partainya menarik support dari pasangan Aulia Rachman - Hidayatullah. Alasan partainya menarik support merupakan dinamika dalam pilkada.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Biasalah itu kan dinamika nan terjadi di pilkada terjadi perubahan dan pergeseran di hari hari terakhir, apalagi bisa terjadi di menit menit terakhir, " kata Yudha kepada CNNIndonesia.com, Rabu (28/8).

Aulia Rachman merupakan kader PSI dan saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Medan. Dia menjadi kepala wilayah berbareng Wali Kota Medan Bobby Nasution setelah memenangkan Pilkada Medan 2020 silam.

Sementara itu, Hidayatullah tercatat sebagai kader PKS dan merupakan personil DPR RI dari Dapil Sumut 1. Pasangan ini awalnya diusung Demokrat, PSI, dan PKS di Pilkada Medan.

Sedangkan Rico Waas merupakan keponakan dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Rico juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPW NasDem Sumut. Adapun Zakiyuddin merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Padanglawas Utara.

Pasangan Rico-Zakiyuddin itu sebelumnya diusung NasDem, Gerindra, PAN, PKB dan Perindo untuk Pilkada Medan.

Sementara itu, support Demokrat untuk Rico-Zakiyuddin itu sudah diteken Ketua Umum partai tersebut, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada 27 Agustus 2024.

Yudha menyebut untuk blangko B1 KWK dari partainya diberikan kepada Rico Waas - Zakiyuddin pada Rabu sore ini.

"Lazim itu di setiap pilkada. Jadi support dialihkan ke pasangan Rico Waas dan Zakiyuddin. Untuk Formulir B1 KWK rencananya bakal diserahkan sore hari ini. Aulia juga sudah tahu kami tarik dukungan, " ucapnya.

Sejauh ini Pilkada Medan 2024 berpotensi mempertemukan tiga pasangan calon Wali kota - Wakil Wali kota.

Mereka adalah Aulia Rachman- Hidayatullah, Rico Waas- Zakiyuddin, dan Ridha Dharmajaya - Abdul Gani.

Ridha Dharmajaya merupakan pembimbing besar Universitas Sumatera Utara (USU),  Sedangkan Abdul Rani merupakan Ketua DPC PPP Medan. Pasangan ini hanya diusung PDIP.

(fnr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional