Densus 88 Sebut Satu Pelaku Teror Kedatangan Paus Pernah Baiat ke ISIS

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 06 Sep 2024 13:34 WIB

ER nan disebut pernah berbaiat kepada ISIS, menggunakan akun Abu Mustaqim berkomentar di FB dengan kalimat provokasi 'BBBOOOMMM'. Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar. (CNN Indonesia/ Michael Josua)

Jakarta, CNN Indonesia --

Densus 88 Antiteror Polri menyebut salah satu pelaku pengancaman teror kehadiran Paus Fransiskus ke Indonesia pernah berbaiat kepada jaringan ISIS.

Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar menyebut pelaku nan pernah berbaiat itu merupakan ER. Ia mengatakan ER ditangkap oleh tim interogator di Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (4/9) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Keterlibatan pelaku berbaiat kepada ISIS di tahun 2014 dan mempunyai kemauan untuk hijrah," jelasnya kepada wartawan, Jumat (6/9).

Sementara dalam kasus pengancaman ini, kata dia, pelaku ER mengunggah komentar provokasi peledak mengenai khutbah Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal.

"ER menggunakan akun Abu Mustaqim berkomentar di FB dengan kalimat provokasi ialah 'BBBOOOMMM...!!!'," jelasnya.

Dalam kasus ancaman teror ini, Aswin menyebut pihaknya menangkap total 7 pelaku nan tersebar di wilayah Bangka Belitung, Sumatera Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Barat selama periode 2-5 September 2024.

"Dilaksanakan penegakan norma terhadap 7 orang pelaku di Bangka Belitung, Sumatera Barat, DK Jakarta, dan Jawa Barat nan melakukan provokasi di media sosial mengenai kehadiran Paus ke Jakarta," tuturnya.

Rinciannya ialah pelaku HFP di Bogor, pelaku LB di Jakarta Selatan, pelaku DF dan FA di Bekasi Timur, pelaku HS di Bangka Belitung, pelaku ER di Bekasi, dan pelaku RS di Padang Pariaman.

(tfq/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional