Densus Bantah Terduga Teroris Kota Batu Bawa Bom Aktif ke Kereta Api

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 01 Agu 2024 13:02 WIB

Densus 88 Polri sampai saat ini hanya menangkap satu terduga pelaku HOK (19) di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Malang, Jawa Timur. Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri membantah ada peledak aktif nan dibawa oleh terduga teroris berinisial HOK (19) ke dalam kereta api. (Arsip Istimewa)

Jakarta, CNN Indonesia --

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri membantah ada peledak aktif nan dibawa oleh terduga teroris berinisial HOK (19) ke dalam kereta api.

"Keterangan tentang adanya peledak aktif nan dibawa dalam kereta, tidak benar. Itu bukan keterangan dari Densus 88," ujar Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar, Kamis (1/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aswin juga menegaskan sampai saat ini pihaknya hanya menangkap satu terduga pelaku HOK di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Malang, Jawa Timur, pada Rabu (31/7) malam.

Kendati demikian, dia mengakui andaikan interogator Densus 88 tengah memeriksa sejumlah pihak termasuk dari family HOK.

"Sementara ini 1 orang nan telah ditangkap. Memang Ada beberapa orang yg dimintai keterangan, termasuk orang tua alias keluarga," jelasnya.

Sebelumnya Densus 88 Antiteror Polri menangkap satu orang terduga teroris berinisial HOK (19), di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Malang, Jawa Timur.

Karo Penmas Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut penangkapan dilakukan oleh tim Densus 88 pada Rabu (31/7) malam sekitar pukul 19.15 WIB.

"Peran pelaku ialah sebagai simpatisan Daulah Islamiyah," jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (1/8).

Truno mengatakan dari hasil penyelidikan, pelaku nan merupakan pelajar hendak melakukan tindakan teror peledak bunuh diri dengan menggunakan bahan peledak jenis Triaceton Triperoxide (TATP).

Ia mengatakan tindakan teror peledak bunuh diri tersebut hendak dilakukan pada dua rumah ibadah di wilayah Malang, Jawa Timur.

"Pelaku berencana melakukan peledak bunuh diri di dua tempat peribadahan di Malang, Jawa Timur," tuturnya.

Dalam penangkapan tersebut, Truno mengatakan interogator juga turut menyita sejumlah peralatan bukti berupa bahan kimia nan bakal digunakan oleh pelaku.

"Turut diamankan juga beberapa komponen bahan peledak nan bakal digunakan oleh tersangka dalam melakukan tindakan teror," ujarnya.

(tfq/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional