Deret Inovasi Kantor Imigrasi Semarang Maksimalkan Pelayanan Publik

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Semarang, CNN Indonesia --

Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Semarang melakukan beragam penemuan untuk memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat Jawa Tengah.

Inovasi pelayanan ini dibuat untuk memudahkan masyarakat, di antaranya Layanan Eazy Passport ialah pelayanan paspor nan dilaksanakan di luar instansi dan menuju letak pemohon dengan menggunakan mobil jasa paspor keliling dan/atau mobil unit Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI).

Kemudian, ada pula Pelayanan Si Semar Paten (Imigrasi Semarang Pelayanan di Kabupaten) agar pemohon di wilayah kabupaten tidak perlu jauh-jauh ke Kantor Imigrasi Semarang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terbaru, Kantor Imigrasi Semarang menghadirkan jasa Paspor Simpatik di mal, ialah "Lapor Gayeng" (Layanan Paspor Simpatik Gabungan Imigrasi se-Jateng).

Jika pendaftaran reguler masyarakat diharuskan mendaftar melalui M-Paspor, melalui program Lapor Gayeng ini masyarakat hanya perlu mendaftarkan diri melalui Google Form nan telah disediakan, dan otomatis masuk ke dalam kuota permohonan.

Kadiv Keimigrasian Jawa Tengah, Is Edy Eko Putranto mengatakan program ini merupakan bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan nan terbaik bagi masyarakat.

"Penyelenggaraan jasa paspor simpatik ini merupakan salah satu penemuan terkini dari Divisi Keimigrasian, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jateng sebagai bagian dari upaya mendekatkan dan menghadirkan Imigrasi khususnya jasa paspor di tengah-tengah masyarakat," kata Is Edy dikutip dari IG @Imigrasi.Semarang.

Profil Kantor Imigrasi Semarang

Kantor Imigrasi Semarang merupakan salah satu kandidat nan dinominasikan dalam CNN Indonesia Awards. Ajang penghargaan nan digelar CNN Indonesia ini bakal berjalan pada Rabu (14/8) di Semarang, Jawa Tengah.

CNN Indonesia Awards nan digelar di Semarang merupakan arena penghargaan kelima, dan mengangkat tema: "Dari Jawa Tengah untuk Indonesia Gemilang."

Sebelumnya, CNN Indonesia Awards telah digelar di Makassar, Bali, Palembang, dan Medan.

Dikutip dari laman resminya, Kantor Imigrasi Semarang mulai berdiri sejak 1982. Kantor nan bertempat tinggal di Jalan Siliwangi No. 514 Krapyak, Semarang ini berfokus pada pelayanan seperti pemberian SPRI, pemberian izin tinggal bagi orang asing serta perpanjangan izin tinggal.

Tidak hanya itu, melalui Sistem Pengawasan Orang Asing nan sedang dijalankan oleh Kantor Imigrasi Semarang bisa mengantisipasi segala corak pelanggaran keimigrasian nan terjadi di wilayah kerja.

Menyangkut sistem pencatatan pelayanan dan pelaporan sejak tahun 1998, Kantor Imigrasi Semarang telah menggunakan komputerisasi.

(fef)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional