Deret Partai KIM Plus Pendukung RK-Suswono di Pilgub Jakarta 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus bakal mendeklarasikan Ridwan Kamil (RK)-Suswono sebagai bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta untuk Pilkada 2024 pada Senin (19/8) ini.

KIM merupakan partai koalisi pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Koalisi ini beranggotakan Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Gelora, Garuda, dan Prima.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Partai-partai KIM sebetulnya sudah cukup untuk mengusung pasangan calon di Pilgub DKI Jakarta 2024. Namun, seiring berjalannya waktu, muncul wacana 'KIM plus'.

Mereka membujuk partai di luar koalisi untuk bergabung. Salah satu nan menyatakan berasosiasi dengan gerbong KIM ialah PKS.

Padahal, pada akhir Juni, PKS telah menyatakan support untuk Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta. PKS menduetkan Anies dengan presiden mereka, ialah Sohibul Iman.

Namun, jelang pendaftaran paslon nan dibuka pada 27-29 Agustus, PKS berbalik badan dari Anies. Juru bicara PKS Muhammad Kholid menyatakan Ridwan Kamil bakal maju di Jakarta didampingi kader PKS, Suswono.


"Sudah mulai ada titik terang. Hingga saat ini, Insya Allah cagub usulan KIM adalah Ridwan Kamil (RK) dan cawagub nan diminta untuk mendampinginya dari PKS." kata Kholid dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/8).

Selain itu, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid juga menyatakan PKB sudah final berasosiasi dengan KIM di Pilgub Jakarta 2024. Sebelumnya, DPW PKB Jakarta sudah merekomendasikan nama Anies. PKB juga merupakan salah satu partai pengusung Anies di Pilpres 2024.

"PKB sudah final bahwa PKB untuk Pilkada DKI Jakarta ini berbareng Gerindra. Jadi tidak ada pembicaraan di luar itu," ujar Hasanuddin di area Jakarta Pusat, Minggu (18/8).

NasDem juga tak ketinggalan. Meskipun sudah menyatakan support untuk Anies, partai ketua Surya Paloh itu akhirnya kembali arah.

Paloh menarik support untuk Anies sebagai calon gubernur. NasDem pun membuka kesempatan berasosiasi dengan KIM.

Dengan bergabungnya PKS, PKB, dan NasDem, KIM plus diprediksi menguasai 89 bangku di DPRD DKI Jakarta.

Menurut hasil Pemilu 2024, Golkar diprediksi memperoleh 10 kursi, Gerindra 14 kursi, Demokrat 8 kursi, PAN 10 kursi, dan PSI 8 kursi. Kemudian, PKS 18 kursi, PKS 10 kursi, serta NasDem 11 kursi.

(dis/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional