Jokowi Berterima Kasih ke Prabowo Subianto di HUT ke-79 TNI

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menghadiri upacara peringatan ulang tahun nan ke-79 lembaga tersebut di area Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10).

Dia menilai Prabowo sebagai Menteri Pertahanan terus melakukan modernisasi terhadap perangkat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Prabowo, kata Jokowi, juga terus mendorong industri pertahanan dalam negeri, dan memperkuat diplomasi global.

"Secara unik saya mau menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertahanan Bapak Jenderal Purnawirawan Prabowo Subianto, sekaligus sebagai presiden terpilih," kata Jokowi. 

"Dengan memodernisasi alutsista, mendorong industri Pertahanan dalam negeri, memperkuat diplomasi pertahanan di kancah global, dan tetap banyak lagi."

Dalam kesempatan itu, dia juga berterima kasih kepada TNI lantaran sangat merasakan peran TNI dalam menjaga kedaulatan negara maupun stabilitas politik dalam satu dasawarsa pemerintahannya. 

[Gambas:Video CNN]

"Terima kasih atas loyalitas dan pengabdian seluruh prajurit TNI bagi rakyat, bangsa, dan negara," kata Jokowi dalam sambutannya.

"10 tahun memimpin pemerintahan saya merasakan betul peran dan kontribusi nyata dari TNI dalam menjaga kedaulatan negara, dalam menjaga persatuan dan kestabilan politik," tuturnya.

Menurut Jokowi, tantangan TNI ke depan tidak mudah di tengah kemajuan teknologi. Menurut dia, TNI kudu terus memperbaiki diri dan beradaptasi dengan kemajuan dunia.

Menurut Jokowi, TNI tak bisa bekerja sendiri. Oleh karenanya dia mendorong kerja sama dengan beragam pihak dan lembaga penegak norma lain maupun dengan perguruan tinggi.

"Kolaborasi, kerja sama dengan beragam pihak sangat penting. Baik dengan lembaga penegak norma untuk menjaga stabilitas, dengan perguruan tinggi mengenai IPTEK maupun pelaku industri untuk pengembangan industri pertahanan dalam negeri," katanya

Dalam aktivitas itu, Joko Widodo datang berbareng Iriana dan ditemani cucunya, Jan Ethes Srinarendra. Jokowi menggandeng Jan Ethes nan mengenakan setelan hitam dan tas punggung biru berlambang Superman.

Setibanya di lokasi, Jokowi langsung menjadi Inspektur Upacara dengan bertindak sebagai Komandan Upacara, Danjen Kopassus Brigjen TNI Djon Afriandi.

Ribuan masyarakat turut menghadiri peringatan HUT ke-79 TNI di area Monas, Jakarta. Mereka mulai memadati area Monas sejak pukul 6.00 WIB.

Kapuspen TNI Mayjen Hariyanto menjelaskan ada sekitar 100.000 prajurit nan terlibat dalam puncak HUT TNI. Jumlah itu belum termasuk, total 1.059 prajurit nan melakukan demonstrasi.

(thr/chri)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional