Detik-detik Kebocoran Pipa Gas di Kuningan Jaksel

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 08 Agu 2024 07:24 WIB

Kapolsek Metro Setiabudi Kompol Firman menyebut kejadian kebocoran pipa gas di Kuningan, Jaksel, dipicu kesalahan dalam galian pekerjaan trotoar dan saluran air. Insiden kebocoran pipa gas milik Pertamina Gas Negara (PGN) di depan instansi Kementerian Kesehatan, Jalan HR Rasuna Said, Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan terjadi sekitar pukul 16.30 WIB, Rabu (7/8). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Insiden kebocoran pipa gas milik Pertamina Gas Negara (PGN) di depan instansi Kementerian Kesehatan, Jalan HR Rasuna Said, Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan terjadi sekitar pukul 16.30 WIB, Rabu (7/8).

Kapolsek Metro Setiabudi Kompol Firman mengatakan peristiwa bermulai saat operator eskavator sedang melakukan penggalian. Ketika itu operator sudah memastikan kepada rekannya terkait keberadaan pipa gas di sekitar area galian.

"Katanya enggak ada, nan ada di tengah trotoar, rupanya prediksinya meleset, pipa rupanya berada di pinggir galian hasilnya pipa gas terkena eskavator dan mengakibatkan kebocoran gas," kata  kepada wartawan, Kamis (8/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kebocoran terjadi akibat pekerjaan galian pekerjaan trotoar dan galian saluran air proyek Dinas Binamarga Pemprov DKJ," imbuhnya.

Firman menyebut pihaknya dan sejumlah personil telah tiba di letak untuk membantu pengamanan sekitar pukul 17.00 WIB. Pihaknya juga melakukan pengaturan arus lampau lintas di sekitar lokasi.

Sembilan menit berselang, giliran personel pemadam kebakaran (damkar) beserta empat unit mobil damkar tiba di lokasi.

Kemudian, sekitar pukul 17.30 WIB, empat pegawai dari PGN juga tiba di lokasi. Mereka lantas mulai mengisolasi letak kebocoran gas tersebut.

"Pukul 18.30 WIB kebocoran gas dapat diatasi oleh pegawai PGN dengan memasang squeeze off untuk mengisolasi kebocoran gas," ujarnya.

Selain itu, kata Firman, pihak PGN juga melakukan proses pemotongan pipa nan bocor dan menyambungnya kembali dengan memakai pipa baru.

Firman memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu. Namun, kata dia, kejadian itu menyebabkan PGN mengalami kerugian serta kerusakan aset.

Saat ini pihaknya tetap menyelidiki kejadian kebocoran gas milik PGN. Termasuk, meminta keterangan dari para saksi nan mengetahui peristiwa tersebut.

(dis/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional