Dewan Pakar Golkar soal Airlangga Mundur: Something Wrong, Ada Sesuatu

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 11 Agu 2024 19:42 WIB

Anggota Dewan Pakar Golkar Palar Batubara menilai ada 'sesuatu' di kembali mundurnya Airlangga Hartarto sebagai ketua umum DPP Golkar. Airlangga Hartarto mengumumkan pengunduran diri sebagai ketua umum Golkar terhitung sejak Sabtu (10/8) malam. (Dok: Kemenko Perekonomian)

Jakarta, CNN Indonesia --

Anggota Dewan Pakar Golkar Palar Batubara menilai ada 'sesuatu' di kembali mundurnya Airlangga Hartarto sebagai ketua umum DPP Golkar.

Hal itu disampaikannya usai aktivitas peluncuran kitab biografinya berjudul 75 Tahun Bang Palar Batubara, Jiwa Sang Patriot sekaligus syukuran 75 tahun usianya.

"Nah, mungkin menjadi pertanyaan something wrong, ada sesuatu. Atau mungkin Airlangga sudah sadar bakal dirinya, sadar 'Oh, saya di rel nan salah', itu bisa juga argumen dia mengundurkan diri, alias setelah dia tidak bisa lagi 'diatur', dia ditekan untuk mengundurkan diri," kata Palar di Jakarta Selatan, Minggu (11/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Palar menyakini ada 'sesuatu' di kembali mundurnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) itu dari bangku ketua Partai Golkar karena penentuan Ketua Umum Partai Golkar sedianya diputuskan melalui Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar setiap 5 tahun sekali.

"Kalau sampai dia mundur, berfaedah ada 'sesuatu' seperti nan saya katakan tadi," ucapnya.

Ia apalagi menilai peristiwa mundurnya Airlangga sebagai Ketum Partai Golkar sebagai tsunami politik. Apabila tidak dimitigasi dapat berakibat lebih luas pada partai politik lainnya di Tanah Air.

Hal itu, kata dia, lantaran Partai Golkar sebagai salah satu partai politik nan cukup dewasa dan besar pun bisa dihantam oleh peristiwa demikian.

"Kalau seperti sekarang ini sudah terjadi tsunami politik, kita inginkan tsunami politik enggak sampai berakibat pada hal-hal nan lain. Akan tetapi, jika tsunami politik ini juga tidak bisa di-manage dengan baik ini bakal terjadi ke partai-partai politik nan lain," tuturnya.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golkar di Jakarta, Minggu (11/8).

Dalam video resmi nan disiarkan Partai Golkar Airlangga menjelaskan argumen dia mundur lantaran mau menjaga keutuhan Partai Golkar dan memastikan stabilitas selama transisi pemerintahan dari Presiden RI Joko Widodo ke pemerintahan Prabowo Subianto sebagai pemenang Pilpres 2024.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, serta atas petunjuk Tuhan nan Maha Besar, maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai ketua umum DPP Partai Golkar," kata Airlangga dalam video tersebut.

Airlangga menginformasikan bahwa pengunduran dirinya sebagai ketua umum Partai Golkar terhitung sejak Sabtu (10/8) malam.

(Antara/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional