Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Sebut Kebijakan Ekonomi Prabowo Realistis, Bagaimana Nasib IKN?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Ferry Latuhihin, menyebut presiden terpilih Prabowo Subianto tidak bakal gegabah dalam mengambil kebijakan di sektor perekonomian. Ferry juga meyakini Prabowo tidak bakal berada di bawah bayang-bayang Presiden Joko Widodo setelah dia dilantik nanti.

Menurutnya, saat ini wajar jika muncul persepsi bahwa Prabowo berada di bawah bayang-bayang Jokowi. "Itu memang benar, lantaran sekarang Jokowi tetap presiden dan Prabowo adalah menteri," katanya saat ditemui usai menghadiri obrolan berjudul Menagih Komitmen Ekonomi Hijau dalam RAPBN 2025, di area Cikini, Jakarta Pusat, Kamis, 22 Agustus 2024.

Ferry menilai Prabowo adalah sosok nan punya pendirian. Dia percaya Prabowo bakal realistis dengan situasi perekonomian dan kondisi postur anggaran nan ada. Menurut Ferry, Prabowo juga tidak bakal memaksakan untuk melanjutkan semua program pemerintah nan ada saat ini.

“Saya sangat optimistis Prabowo bukan hanya bakal mengubah tatanan birokrasi nan tidak efisien, tetapi juga bakal mengubah paradigma pembangunan, apa nan menjadi kebutuhan, di situ bakal dieksplorasi," katanya.

Soal keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara alias IKN, Ferry meyakini bakal ada langkah strategis nan diambil Prabowo. Menurut dia, tidak mungkin memaksakan pembangunan IKN dalam waktu dekat. 

Iklan

Menurut Ferry, rumor IKN bakal selalu mengenai dengan beban pembiayaan dari APBN. Lagipula, berasas visi-misi Prabowo-Gibran, ujar Feri, ada perihal nan lebih mendesak untuk dilakukan.

"Tentu IKN diteruskan, tapi tidak bisa dipaksakan. Ini tidak necessary, ada nan lebih diperlukan, seperti makan bergizi cuma-cuma misalnya. Jangan kita korbankan visi-misi nan disusun untuk IKN, kan gitu," ujarnya.

Dia menambahkan sikap realistis dan terukur dari Prabowo tampak dari pembentukan Badan Gizi Nasional nan bakal mengurusi program makan bergizi gratis di masa pemerintahan Prabowo-Gibran. "Kalau ke depannya saya rasa Pak Prabowo bakal bersikap realistis. Apa nan dibutuhkan oleh bangsa ini, dan sesuai visi misinya," katanya. 

Pilihan Editor: Prabowo Akan Bentuk Badan Perubahan Iklim dan Tata Niaga Karbon, Disahkan Tahun Ini

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis