Didukung PDIP, Edy Rahmayadi Akan Lawan Bobby Nasution di Pilgub Sumut

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Edy Rahmayadi dipastikan bakal bersaing dengan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut).

Kepastian ini datang setelah PDIP secara resmi memberikan rekomendasi kepada Edy nan juga merupakan mantan Gubernur Sumut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rekomendasi itu diberikan langsung oleh Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan, Komarudin Watubun kepada Edy Rahmayadi saat apel siaga Satgas PDIP Sumut di Lapangan Astaka, Deliserdang, Sumatera Utara, Sabtu (10/8).

Acara tersebut turut dihadiri Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna Laoly, pengurus DPD PDIP Sumut serta ribuan kader PDIP.

Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan, Komarudin Watubun mengatakan PDIP sudah lama mencari sosok ayah untuk Sumatera Utara. PDIP menilai sosok itu ada pada Edy Rahmayadi.

"Memang kita cari untuk Sumut seorang ayah nan bisa melindungi anak-anaknya di Sumut. Semangat to, peralatan apa kita lawan," kata Komarudin.

Komarudin turut menambahkan sepuluh tahun lampau Edy Rahmayadi merupakan perangkat negara nan aktif di TNI. Namun saat ini, kata dia, mantan Pangkostrad itu merupakan perangkat revolusi.

"Hari ini beliau adalah perangkat revolusi berbareng saudara-saudara, ini perangkat revolusi untuk berjuang bagi seluruh rakyat Indonesia. Oleh lantaran itu kami ditugaskan Ketua Umum PDIP untuk menyerahkan surat tugas partai kepada Edy Rahmayadi menjadi gubernur Sumut," kata Komarudin.

Sejauh ini, baru PDIP nan memberikan support kepada Edy di Pilgub Sumut. PKS sebelumnya sempat menyatakan bakal memberikan support kepada Edy, namun akhirnya menarik diri.

Diketahui, PDIP bisa mengusung cagub sendiri di Pilkada Sumut tanpa kudu berkoalisi. Dengan perolehan bangku 21 dari 100 bangku di DPRD Sumut, PDIP sudah memenuhi syarat 20 persen perolehan bangku untuk mengusung calon gubernur-wakil gubernur.

Sementara itu, calon pesaing Edy, Bobby mendapat support dari partai politik personil Koalisi Indonesia Maju (KIM) nan merupakan barisan pendukung Prabowo-Gibran di Pilpres, mulai dari Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat.

Selain itu, Bobby juga mendapat support dari sejumlah parpol di luar KIM, ialah PKB, NasDem, PPP dan PKS.

(dis/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional