Dilantik Jokowi, Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana Siap Jalankan Program Makan Bergizi Gratis Prabowo

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaKepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana mengatakan Badan Gizi Nasional dibentuk untuk melaksanakan program prioritas makan bergizi cuma-cuma Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto.

"Badan Gizi Nasional ini kan sebetulnya dibentuk untuk melaksanakan program prioritasnya Pak Presiden terpilih. Tapi lantaran mengenai dengan siklus anggaran, agar bisa dilaksanakan tahun 2025 dan dari Januari, maka dalam nota finansial kan sudah kudu masuk anggarannya, dan itu sudah dimasukkan," kata Dadan usai dilantik Presiden Joko Widodo alias Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan Perpres Badan Gizi Nasional kudu dibentuk di era Pak Jokowi lantaran argumen tersebut. Menurutnya, Badan Gizi Nasional ini merupakan satu bagian dari keberlanjutan pemerintahan.

"Jadi Pak Jokowi telah meneken Perpresnya, kemudian saya ditunjuk sebagai kepalanya, dan saya bekerja untuk menyiapkan segala sesuatunya, agar Januari program makan bergizi cuma-cuma bisa dilaksanakan," kata dia.

Dia optimistis program makan bergizi cuma-cuma dapat terlaksana Januari 2025. Usai dilantik Dadan bakal segera mempersiapkan segala sesuatu mengenai dengan prosedur persiapan makan bergizi untuk anak sekolah, santri, ibu hamil, ibu menyusui, dan anak balita.

Dia juga menyampaikan bahwa anggaran program makan bergizi cuma-cuma nan ditetapkan Rp 71 triliun bakal berada dikelola Badan Gizi Nasional. "Kami harapkan minggu pertama Desember itu sudah terima DIPA. Kalau sudah terima DIPA artinya 2 Januari program ini sudah bisa dilaksanakan," jelasnya. Dia mengatakan program makan bergizi cuma-cuma bakal langsung diterapkan di seluruh Indonesia.

Iklan

Sosok Dadan Hindayana

Dilansir dari laman PDDikti, Dadan Hindayana adalah pengajar tetap di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB). Dadan dikenal sebagai entomologis alias mahir di bagian serangga, perlindungan tanaman, serta isu-isu pangan dan pertanian di Indonesia. Pendidikan terakhirnya adalah gelar ahli (S3).

Meskipun tidak banyak info nan tersedia mengenai Dadan Hindayana, namun di kalangan akademisi, nama Dadan cukup dikenal. Karya ilmiahnya sering dipublikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah.

Sebagai Kepala Badan Gizi Nasional, Dadan bakal bertanggung jawab atas Program Makan Bergizi Gratis nan diinisiasi oleh presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Pilihan Editor: Ekonom Indef: Warisan Utang Jokowi bakal Menyulitkan Pemerintahan Prabowo

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis