Disdik DKI Gandeng Dinkes soal Aturan Alat Kontrasepsi untuk Pelajar

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 05 Agu 2024 17:05 WIB

Dinas Pendidikan DKI Jakarta bakal menggandeng Dinas Kesehatan untuk mempelajari mengenai patokan perangkat kontrasepsi untuk pelajar. Ilustrasi. Disdik DKI Jakarta bakal menggandeng Dinas Kesehatan untuk mempelajari mengenai patokan perangkat kontrasepsi untuk pelajar. (iStockphoto/Doucefleur)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta bakal menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mempelajari mengenai patokan nan memfasilitasi alat kontrasepsi alias pencegahan kehamilan bagi siswa sekolah alias pelajar.

"Nanti bakal kami pelajari dan kami bakal coba terapkan. Nanti di Dinas Pendidikan dan juga kami bakal kordinasi dengan Dinas Kesehatan," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaludin di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (5/8).

Budi mengatakan Disdik DKI Jakarta bakal menindaklanjuti kebijakan itu usai berkoordinasi dengan Dinkes DKI Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ya sementara kelak ya tentunya perlu ada sosialisasi kepada siswa-siswa dan kami bakal koordinasi dengan kesehatan," ujarnya.

Presiden Jokowi sebelumnya meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2024 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan (UU Kesehatan). PP 28/2024 itu mengatur penyediaan perangkat kontrasepsi bagi anak usia sekolah dan remaja.

Aturan itu diteken Presiden Jokowi pada Jumat pekan lalu, 26 Juli 2024. Dalam Pasal 103 ayat (1) beleid tersebut berbunyi, upaya kesehatan sistem reproduksi usia sekolah dan remaja paling sedikit berupa pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi, serta pelayanan kesehatan reproduksi.

Kemudian, ayat (4) menyatakan: pelayanan kesehatan reproduksi bagi siswa dan remaja paling sedikit terdiri dari penemuan awal penyakit alias skrining, pengobatan, rehabilitasi, konseling, dan penyediaan perangkat kontrasepsi.

(lna/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional