Disdik DKI Target Kajian Sekolah Swasta Gratis Rampung Akhir 2024

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 19 Jul 2024 15:21 WIB

Dinas Pendidikan DKI menargetkan kajian mengenai kebijakan sekolah swasta cuma-cuma rampung pada akhir tahun ini dan bisa diterapkan 2025. Dinas Pendidikan DKI Jakarta menargetkan kajian mengenai kebijakan sekolah swasta cuma-cuma rampung pada akhir tahun ini. (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta menargetkan kajian mengenai kebijakan sekolah swasta gratis rampung pada akhir tahun ini.

"Kami tetap dalam tahapan kajian. Kami usahakan akhir tahun selesai," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Budi Awaluddin kepada CNNIndonesia.com, Jumat (19/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan kajian Disdik DKI, Budi membuka kemungkinan kebijakan sekolah swasta cuma-cuma bisa diterapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kemungkinan ada angan diimplementasikan di Pemprov DKI Jakarta. Namun kami tetap memperhitungkan dan memitigasi secara perincian keseluruhan kebijakan ini," jelasnya.

Budi sebelumnya berambisi kebijakan sekolah swasta cuma-cuma di Jakarta bisa diterapkan pada 2025.

"Kita tetap mengkaji ya mengenai sekolah gratis. Mudah-mudahan jika bisa 2025 bagus banget," kata Budi di Balai Kota DKI, Kamis (18/7).

Sementara itu, Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak mengatakan semua fraksi di DPRD DKI Jakarta menyetujui usulan sekolah swasta cuma-cuma tersebut.

Tak hanya itu, kata dia, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga telah menyetujuinya.

"Karena nan dipertimbangkan adalah gimana wajib belajar 12 tahun itu tidak hanya sekedar jargon, tapi bisa kita laksanakan melalui sekolah cuma-cuma ini. Karena kebenaran di lapangan banyak sekali siswa nan sekolah di swasta putus sekolah," ucapnya.

Jhonny menyebut banyak siswa dari family kurang bisa di Jakarta nan terpaksa masuk ke sekolah swasta. Hal itu lantaran mereka tak lolos Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah negeri.

Para orang tua pun kerap kali tak bisa melunasi pembayaran sekolah. Akibatnya, sekolah swasta menahan piagam mereka.

"Banyak sekali sekolah swasta menahan piagam nan sudah lulus sekolah SD, SMP, SMA, SMK, orang tuanya tidak bisa lantaran ada tunggakan duit sekolah," kata Jhonny.

Karena itu, dia meminta agar Dinas Pendidikan DKI Jakarta segera merampungkan kajian mengenai kebijakan sekolah swasta gratis.

"Ya 2025 paling bisa diusahakan secepatnya. Karena ini sudah tidak bisa lagi terlalu diulur-ulur," ujarnya.

(lna/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional