Disdik DKI Ungkap Alasan Kaji Kebijakan Sekolah Swasta Gratis

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 23 Jul 2024 19:51 WIB

Plt Kadisdik DKI mengatakan salah satu argumen adalah pemerintah wajib menjamin program wajar 12 tahun, dan kuota sekolah negeri nan terbatas. Ilustrasi siswa sekolah di Jakarta. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengungkapkan argumen mengkaji kebijakan biaya pendidikan di sekolah swasta gratis.

Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaludin mengatakan kebijakan itu untuk menjamin program wajib belajar 12 tahun bagi penduduk Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Juga demi keadilan sosial dan tentunya dengan sekolah negeri kuotanya terbatas. Dengan seperti itu semua punya kesempatan nan sama, bisa gratis," kata Budi di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (23/7).

Berdasarkan info pokok pendidikan (dapodik) nan CNNIndonesia.com rangkum, total sekolah di Jakarta dari tingkat PAUD hingga atas mencapai 10.965. Rinciannya adalah sekolah negeri 2.093 alias 19,57 persen dan sekolah swasta 8.602 alias 80,43 persen.

Budi menyampaikan saat ini Dinas Pendidikan DKI Jakarta tengah membikin naskah akademik mengenai kebijakan sekolah swasta gratis.

Kajian itu ditargetkan rampung pada akhir tahun ini, sehingga bisa diterapkan pada 2025 mendatang.

Selain itu, Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga bakal membahas mengenai anggaran nan nantinya digunakan untuk pembiayaan sekolah swasta gratis.

Ia mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menggratiskan biaya pendidikan sejumlah sekolah swasta dari tingkat SMP hingga SMA melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Bersama.

"Iya ada PPDB berbareng nan sudah kita sepakati. Swasta kan tidak semua sekolahnya, cuman ada beberapa anak siswa nan memahami kita titipkan nan sama nan jumlah sudah disepakati bersama," jelasnya.

"SPP dari anggaran pendidikan dari biaya support sosial," imbuh Budi.

Berdasarkan kajian Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Budi membuka kemungkinan kebijakan sekolah swasta cuma-cuma bisa diterapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kemungkinan ada angan diimplementasikan di Pemprov DKI Jakarta. Namun kami tetap memperhitungkan dan memitigasi secara perincian keseluruhan kebijakan ini," kata Budi kepada CNNIndonesia.com, Jumat (19/7).

Budi berambisi kebijakan sekolah swasta cuma-cuma di Jakarta bisa diterapkan pada 2025.

(lna/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional