Diusung PDIP jadi Cagub DKI Jakarta, Basuki Hadimuljono: Saya Sudah 70 Tahun..

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono angkat bicara soal namanya masuk bursa Calon Gubernur alias Cagub DKI Jakarta nan diusung PDIP. Meski mengaku belum ada komunikasi dengan PDIP ihwal rumor pencalonan itu, Basuki menyatakan tidak mau menjadi Cagub.

"Saya sudah (berusia) 70 tahun. Masak mau (jadi Cagub)" kata Basuki ketika ditemui di Komplek Kementerian PUPR pada Jumatm 3 Mei 2024. 

Selain aspek usia, Basuki merasa tidak cocok menjadi Cagub. Alasannya, dia adalah seorang birokrat. "DNA saya nggak di situ (menjadi gubernur). Saya ini birokrat," ucapnya.

Bahkan, soal ketidakmauannya ini, Basuki mengaku sudah menyampaikannya kepada Presiden Joko Widodo namalain Jokowi. Ia mengaku membicarakan perihal itu ketika berbincang-bincang dalam agenda kerja di lapangan.

"Nggak (mau jadi Cagub), Pak, saya," kata Basuki. 

PDIP telah menggadang-gadang empat nama nan berpotensi menjadi Cagub DKI Jakarta. Mereka adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini, mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama namalain Ahok, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Basuki Hadimuljono merupakan pejabat nan berkarier di Kementerian PUPR selama nyaris empat dekade. Pria kelahiran 5 November 1954 itu juga pernah menjadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan pada 2005-2007. Kemudian, dia menjabat sebagai Inspektur Jenderal dan sebagai Direktur Jenderal Penataan Ruang. Selain itu, dia juga pernah menduduki bangku Komisaris PT Wijaya Karya.

Alumnus UGM dan Colorado University ini pernah juga pernah menjabat sebagai pejabat Eselon I selama tiga kali, sebelum ditunjuk Jokowi menjadi Menteri PUPR. Dalam perjalanan kariernya, Basuki kerap disebut Bapak Infrastruktur oleh masyarakat Indonesia lantaran sukses menyelesaikan pembangunan, seperti jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.   

RIRI RAHAYU | RACHEL FARAHDIBA REGAR

Pilihan Editor: Basuki Hadimuljono Pastikan Groundbreaking Keenam di IKN Setelah World Water Forum 2024 Digelar

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis