DKPP Pecat Ketua KPU: Hasyim Singgung Celana Dalam di Chat ke PPLN

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 03 Jul 2024 17:33 WIB

DKPP mengungkapkan Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyinggung celana dalam pada chat dengan wanita personil PPLN Den Haag. Ketua KPU Hasyim Asy'ari dipecat mengenai kasus asusila. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari menyinggung celana dalam pada chat dengan wanita personil PPLN Den Haag.

Kejadian itu bermulai saat Hasyim hendak menghadiri pengarahan teknis Pemilu Serentak 2024 di Den Haag. Hasyim menghubungi wanita itu dan meminta jalan setelah acara.

Lalu sang wanita menitip beberapa peralatan dari Jakarta ke Hasyim. Hasyim menjawab dengan menyinggung celana dalam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kemudian teradu menyanggupi permintaan pengadu dan mengirimkan daftar peralatan titipan pengadu berupa satu, rompi PPLN, satu pangkas baju, satu pangkas CD, dan dua packs cwie mie," kata Anggota DKPP Ratna Dewi Pettalolo pada sidang di Jakarta, Rabu (3/7).

Lalu Anggota PPLN Den Haag bertanya apa nan dimaksud Hasyim dengan CD.

Lalu Hasyim menjawab "Oh, maaf keselip," dengan nada bercanda.

Dalam persidangan, DKPP menanyakan maksud CD dari pesan Hasyim. Lalu Hasyim mengaku CD adalah singkatan dari celana dalam.

"Chat teradu nan menuliskan CD nan diakui dalam sidang pemeriksaan adalah celana dalam, menurut DKPP tidak patut dibicarakan mengingat status teradu sebagai pemimpin dari pengadu dan teradu sudah berkeluarga," ujar Dewi.

Sebelumnya, DKPP menyatakan Hasyim melanggar kode etik penyelenggara pemilu dalam kasus asusila. Dia terbukti menggunakan kedudukan sebagai Ketua KPU untuk memaksakan hubungan romantis dengan salah satu personil PPLN Den Haag.

Oleh lantaran itu, DKPP memberi hukuman Hasyim dengan pencopotan dari kedudukan ketua KPU.

(dhf/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional