Dokter Tak Berizin, Pemilik Klinik Kecantikan Depok Terancam Pidana

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 01 Agu 2024 09:33 WIB

Pemilik klinik kecantikan WSJ Clinic Depok terancam pidana 5 tahun penjara lantaran mempekerjakan master nan tidak mengantongi izin praktik. Pemilik klinik kecantikan WSJ Clinic Depok terancam pidana 5 tahun bui lantaran mempekerjakan master tanpa izin praktik. (CNN Indonesia/ Yogi Anugrah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Polisi menyebut pemilik WSJ Clinic Depok terancam hukuman pidana lantaran mempekerjakan master tanpa izin praktik di klinik tersebut.

WSJ Clinic tengah menjadi sorotan setelah wanita asal Medan, Ella Nanda Sari Hasibuan (30) meninggal bumi usai diduga melakukan operasi sedot lemak di klinik itu.

"Yang mempekerjakan itu juga bisa kena, ya, mempekerjakan master nan tidak mempunyai sertifikasi alias izin," kata Kapolres Metro Depok Kombes Arya Perdana kepada wartawan, Kamis (1/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"(Ancamannya) kurang lebih 5 tahun (penjara)," imbuhnya.

Informasi soal master di klinik tersebut tidak mempunyai izin praktik terungkap setelah polisi meminta keterangan dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok.

Dalam pemeriksaan itu, kata Arya, terungkap bahwa master di klinik itu hanya mempunyai sertifikat training untuk menggunakan perangkat nan dibeli.

Sebagai tindak lanjut, Arya menyebut pihaknya bakal meminta keterangan dari ahli, termasuk dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk melakukan pendalaman.

"Nanti kita juga bakal melakukan pemeriksaan terhadap IDI, seperti ahli, kelak juga bakal kita tanyakan gimana prosedurnya untuk melakukan praktik," ucap dia.

Sebelumnya, wanita asal Medan, Ella Nanda Sari Hasibuan meninggal bumi setelah diduga melakukan operasi sedot lemak di klinik kecantikan di Beji, Depok, Jawa Barat.

Dari info nan dihimpun, peristiwa itu terjadi pada Senin (22/7). Korban sempat dilarikan ke rumah sakit, tetapi akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Berdasarkan pendalaman sementara, tindakan sedot lemak terhadap Ella dilakukan master berinisial A serta dua orang perawat berinisial K dan T.

Di sisi lain, Kapolres Metro Depok Kombes Arya Perdana mengatakan WSJ Clinic juga pernah dilaporkan ke polisi mengenai tindakan sedot lemak pada tahun lalu.

Arya mengatakan saat itu pelapor menderita luka bakar di lengan setelah operasi sedot lemak. Kasus itu kemudian tidak dilanjutkan lantaran pelapor dan pihak klinik berdamai.

(dis/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional