DPP PDIP Hormati Keputusan Gibran Mundur dari Wali Kota Solo

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 17 Jul 2024 20:32 WIB

Ketua DPP PDIP Said Abdullah menghormati keputusan Gibran Rakabuming Raka mundur dari kedudukan Wali Kota Solo. Ketua DPP PDIP Said Abdullah menghormati keputusan Gibran Rakabuming Raka mundur dari jabatannya saat ini sebagai Wali Kota Solo. (Foto: Arsip PDIP)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PDIP Said Abdullah menghormati keputusan wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka nan mundur dari kedudukan Wali Kota Solo.

"Saya sangat menghormati, appreciate terhadap Mas Gibran nan mundur sebagai wali kota dan bersiap-siap untuk memangku kedudukan baru di bulan Oktober nan bakal datang," kata Said di kompleks parlemen, Rabu (17/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menilai keputusan itu wajar diambil oleh Gibran. Menurut Said, Gibran bukan hanya krusial untuk mendapatkan suasana, namun mempersiapkan diri untuk menjadi orang nomor dua di Republik ini.

Gibran secara resmi sudah mengusulkan pengunduran dirinya sebagai Wali Kota Solo ke DPRD Kota Solo pada Selasa (16/7). Putra sulung Presiden Jokowi itu menyetor surat mundur itu tiga bulan sebelum dilantik menjadi Wapres berbareng Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Merespons pengunduran diri Gibran, Rapat Paripurna DPRD Kota Solo hari ini sempat diwarnai interupsi dari Fraksi PDIP. Mereka menilai DPRD tak punya kewenangan menolak alias menerima pengunduran diri Gibran.

"Jangan sampai ada istilah 'menyetujui' alias 'menolak' lantaran kita tidak punya kewenangan untuk itu," kata Suharsono, personil Fraksi PDIP di DPRD Solo. "Itu kudu diganti agar Dewan tidak melampaui kewenangannya," lanjutnya.

Anggota Faksi PDIP lainnya, YF Sukasno menambahkan bahwa rapat paripurna pengunduran diri Wali Kota Solo tidak memerlukan persetujuan dari DPRD.

"Jadi ketua DPRD hanya meneruskan kepada Kemendagri melalui Gubernur," kata laki-laki nan berkawan disapa Kasno itu.

Di akhir rapat, Gibran menerima penyerahan kenang-kenangan berupa sebilah keris dari DPRD Kota Solo. Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo mengatakan bingkisan keris untuk Gibran merupakan tanda apresiasi lantaran sudah menjadi mitra kerja DPRD Surakarta.

"Filosofinya keris itu bisa kebangkitan ekonomi rakyat Indonesia, Surakarta. Kami berambisi Kota Solo juga bakal makin jaya ke depannya. Keris ini bentuk kerja keras, rendah hati, ikhlas, dan selalu ingat masyarakat Kota Surakarta," katanya.

(thr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional