DPR Bikin 'Badan Aspirasi Rakyat', Jumlah Komisi Diumumkan Pekan Depan

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 07 Okt 2024 14:50 WIB

DPR bakal membikin perangkat kelengkapan majelis (AKD) berjulukan 'Badan Aspirasi Rakyat' di periode 2024-2029. Jumlah komisi bakal bertambah. Ilustrasi. DPR bakal membikin perangkat kelengkapan majelis (AKD) berjulukan 'Badan Aspirasi Rakyat' di periode 2024-2029. Jumlah komisi bakal bertambah. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan DPR membikin perangkat kelengkapan majelis (AKD) berjulukan 'Badan Aspirasi Rakyat' di periode 2024-2029.

"Yang jelas ada pertambahan AKD-nya itu. Badan Aspirasi Rakyat," kata Dasco di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (7/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain, Dasco memastikan jumlah komisi di DPR juga bertambah dari sebelumnya hanya 11. Ia mengatakan jumlah komisi di DPR rencananya bakal diumumkan pada 14 Oktober 2024.

Ia menjelaskan ketua fraksi partai politik bakal menggelar rapat untuk membahas penambahan jumlah komisi.

"Di situ kemudian kita bakal sampaikan pertambahan komisi, jika ada dan pertambahan AKD," ucap dia.

Ia belum bisa mengungkapkan soal nama-nama ketua komisi dan AKD DPR periode 2024-2029. Namun, menurut Dasco, tiap fraksi parpol pasti sudah mempunyai ancar-ancar untuk menempatkan kader mereka di tiap komisi alias AKD.

"Dari masing-masing fraksi sudah ada ancar-ancarnya. Mudah-mudahan bisa dalam waktu 14 alias 15 itu kita sudah selesaikan," ucapnya.

Adapun menurut kabar, jumlah komisi di DPR bakal bertambah dari 11 menjadi 13. Anggota DPR Fraksi PDIP Said Abdullah mengatakan semua fraksi partai politik di DPR sudah sepakat dengan penambahan jumlah komisi itu.

"Kalau 13 komisinya Insya Allah kawan-kawan fraksi sudah firm (tegas)," kata Said di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (3/10).

Komisi merupakan salah satu AKD nan menjalankan kegunaan penganggaran, legislasi, ataupun pengawasan terhadap keahlian pemerintah sesuai bagian kerja masing-masing.

(rzr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional