DPR-KPU Bahas 3 Opsi Skenario Kotak Kosong Menang Pilkada 2024

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 10 Sep 2024 07:11 WIB

KPU dan DPR bakal menggelar rapat hari ini membahas tiga opsi mengantisipasi kotak kosong menang di Pilkada 2024. DPR dan KPU bakal rapat membahas 3 opsi skenario jika kotak kosong menang di Pilkada 2024. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia --

Rapat antara Komisi II DPR dan KPU pada Selasa (10/9) ini bakal membahas tiga opsi skenario jika wilayah dengan calon tunggal dimenangkan kotak kosong di Pilkada 2024.

Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera menjelaskan opsi pertama adalah pilkada ulang dengan kotak kosong melawan pasangan calon, seperti nan ada di sejumlah wilayah saat ini. Opsi kedua adalah gelaran Pilkada bakal dipercepat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pilkada dipercepat, dua tahun ke depan, dan dibuka pendaftaran baru selama itu dijabat penjabat," kata Mardani dilansir dari Antara, Minggu (8/9).

Sementara opsi ketiga, selama lima tahun wilayah tersebut dijabat oleh penjabat kepala daerah. Menurutnya, ada kelebihan dan kekurangan dari tiga opsi itu.

KPU dijadwalkan menghadiri rapat dengar pendapat berbareng Komisi II DPR RI untuk membahas kejadian kotak kosong pada Pilkada Serentak 2024 pada Selasa (10/9).

Beberapa waktu lalu, Ketua KPU Mochammad Afifuddin mengusulkan Pilkada ulang dilakukan pada 2025 jika di Pilkada serentak 2024 ini, ada wilayah nan dimenangkan kotak kosong.

Menurutnya, jika Pilkada ulang dilakukan di agenda Pilkada lima tahun mendatang, maka wilayah nan dimenangkan kotak kosong bakal dipimpin oleh Penjabat (Pj) selama lima tahun.

"Logikanya pilkada berikutnya lima tahun, tidak seperti pilkada kemarin nan bergelombang, jika diisi PJ selama lima tahun berganti-gantian terus ya. Tapi ini tentu dari apa nan kami pikirkan dan kami pahami dari regulasi," kata Afif pekan lalu.

Saat ini, KPU mencatat ada 41 wilayah nan hanya mempunyai satu pasangan calon kepala wilayah alias calon tunggal pada Pilkada Serentak 2024.

Rinciannya terdiri atas satu provinsi, 35 kabupaten, dan lima kota.

(yoa/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional