DPR Resmi Usulkan Revisi Aturan Jumlah Kursi Menteri di UU Kementerian

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 14 Mei 2024 15:37 WIB

UU Kementerian Negara nan tak masuk prolegnas prioritas, mendadak diusulkan oleh DPR hari ini. Dalam draf revisi, jumlah kementerian tak lagi dibatasi 34. DPR resmi mengusulkan revisi UU Kementerian Negara meskipun UU itu tidak masuk daftar prolegnas prioritas. (Foto: CNN Indonesia/Muhammad Naufal)

Jakarta, CNN Indonesia --

DPR secara resmi mengusulkan revisi UU Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara dalam rapat perdana Badan Legislasi (Baleg) DPR usai masa reses personil dewan, Selasa (14/5).

Rapat salah satunya mengusulkan perubahan Pasal 15 nan membatasi jumlah kementerian sebanyak 34. Dalam draf terbaru, DPR mengusulkan mengganti bunyi pasal tersebut sehingga jumlah kementerian tak lagi dibatasi melainkan sesuai kebutuhan.

"Diusulkan perubahannya menjadi ditetapkan sesuai dengan kebutuhan presiden dengan memperhatikan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan," kata Tim Ahli Baleg DPR saat membacakan naskah usulan RUU.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

RUU Kementerian Negara resmi diusulkan meski tak masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas. Ketua Baleg DPR, Supratman Andi Agtas menyebut revisi UU Kementerian Negara didasarkan pada putusan MK Nomor 79/PUU-IX/2011.

Putusan itu menyebutkan, penjelasan Pasal 10 UU Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan norma mengikat. Pasal 10 mengatur soal kewenangan Presiden untuk menunjuk wakil menteri.

"Kalau ada UU nan tidak kita usulkan masuk dalam Prolegnas maka memungkinkan kita telaah jika itu adalah akibat putusan MK jadi ini pintu masuk saja," katanya saat rapat Baleg.

Selain itu, Supratman menjelaskan bahwa usulan juga tidak kudu terbatas pada Pasal 10. Artinya, usulan perubahan pasal lain tetap dimungkinkan karena putusan MK tak membatasi itu.

"Soal materinya itu tidak dibatasi hanya nan diputuskan MK alias tidak. Itu tidak membatasi kita untuk tidak membahas materi muatan nan lain," katanya.

Wakil Ketua Baleg DPR Achmad Baidowi kemudian mengumumkan bahwa pihaknya bakal segera membentuk Panitia Kerja (Panja) RUU Kementerian Negara. Dia juga meminta agar setiap fraksi mengusulkan nama untuk masuk dalam panja tersebut.

"Kita berambisi fraksi-fraksi mengirimkan nama, Panja seperti biasanya. Jadi setelah ini kita lanjutkan waktunya, kita umumkan kapan rapat panja bakal dilakukan," ucap Awiek.

(thr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional