DPR Segera Rapat Tentukan Ketua KPU Pengganti Hasyim Asy'ari

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 03 Jul 2024 17:20 WIB

Komisi II DPR menyebut rapat bakal melibatkan Kemendagri dan DKPP untuk mencari Ketua KPU baru pengganti Hasyim Asy'ari nan dipecat lantaran kasus asusila. Ketua KPU Hasyim Asy'ari terbukti melakukan hubungan badan dengan personil PPLN Den Haag. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi II DPR segera menggelar rapat konsultasi untuk mencari pengganti Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang baru saja dipecat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) atas kasus asusila.

"Dalam waktu dekat mudah-mudahan bisa kita segera lakukan. Ini lagi koordinasi dulu," kata Wakil Ketua Komisi II DPR, Yanuar Prihatin saat dihubungi Rabu (3/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Yanuar mengatakan rapat akan sekaligus menghadirkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan DKPP. Komisi II, kata Yanuar, mau langsung mendengar secara umum kasus tersebut dari DKPP.

"Untuk mendalami topik ini, kita kan mau mendengar langsung secara umum dari DKPP dan kita mau dengar juga pandangan Kemendagrinya," katanya.

Yanuar mengaku pihaknya menghormati putusan DKPP dalam kasus tersebut. Dia meyakini keputusan DKPP telah sesuai kebenaran persidangan.

"Artinya apa nan dilakukan DKPP sesuai dengan kebenaran persidangan. Kemudian sesuai dengan kewenangannya. Tinggal sekarang adalah ke depannya ini gimana soal penggantiannya," kata dia.

DKPP menjatuhkan hukuman pemecatan kepada Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengenai kejuaraan dari wanita berinisial CAT nan merupakan seorang Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda.

Putusan itu dibacakan Ketua DKPP Heddy Lukito pada sidang pengucapan putusan di Gedung DKPP, Jakarta, Rabu (3/7). Heddy mengatakan Hasyim selaku teradu terbukti melakukan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu.

DKPP dalam uraian fakta-fakta menyatakan Hasyim berhubungan badan dengan personil PPLN Den Haag, CAT, pada 3 Oktober di sebuah bilik hotel tempat Hasyim menginap di Belanda. 

(thr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional