Dua Pekan Sekali LNG Tangguh Suplai Gas Cair ke PLTGU Jawa I Cilamaya

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa I di Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, menerima suplai gas dari kilang gas alam cair Tangguh Papua Train 3 dalam dua pekan sekali. Pasokan gas alam cair ini ditampung ke kapal unit regasifikasi alias Kapal Floating Storage Regasification Unit (FSRU).

Manager Corporate Communication and Stakeholder Management Pertamina New Renewable Energy Rika Gresia Wahyudi mengatakan, kapabilitas penampungan LNG di Kapal FSRU sebesar 170.150 meter kubik dengan kapabilitas unit regasifikasi 300 million standard cubic feet per day (MMscfd). Gas itu, kata dia, nan bakal disuplai ke power block PLTGU sebagai bahan utama pembangkit listrik dalam corak gas.

Setelah pengolahan gas alam cair ini bakal disuplai sebagai pembangkit listrik nan melayani wilayah Pulau Jawa dan Bali melalui PLN. "Gas ini bakal dipakai untuk memutar turbin dan jadi listrik," kata Rika, kepada Tempo di Cimalaya, Jawa Barat, Minggu, 22 September 2024.

Rika mengatakan PLTGU Jawa Satu mempunyai dua power block. Setiap power block menampung 880 meter kubik gas. Di dalam area ini tersedia akomodasi gedung berupa, penerimaan gas, letak penerimaan listrik, (swich share), hingga pendingin air. Pengolahan gas untuk disuplai menjadi kebutuhan listrik ini menggunakan air laut.

Mesin pendingin air itu berfaedah selama 24 jam untuk mendinginkan air laut. "Setelah itu air laut dibuang ke laut," ujar dia. Pembuangan air laut ini setelah pengolahan air laut ini hingga memenuhi standar baku mutu. PLTGU Jawa 1 merupakan pembangkit listrik berkapasitas 1.760 Megawatt (MW).

Iklan

Seperti diberitakan sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan PLTGU Jawa 1 merupakan pembangkit listrik tenaga uap ini terbesar di Asia dan pertama di Asia Tenggara. Kapasitasnya mencapai 1.760 Megawatt. Menurut Nicke, pembangkit ini bisa menerangi empat juta rumah.

LNG Tangguh berada di Teluk Bintuni, Papua Barat. Kilang LNG ini diresmikan Presiden Joko Widodo alias Jokowi pada 24 November 2023. LNG Tangguh sebagai proyek strategis nasional alias PSN nan diklaim sebagai produsen gas terbesar di Indonesia dengan total produksi tahunan 11,4 million ton per annum (MTPA) alias sekitar 35 persen dari produksi nasional.

Pilihan Editor: Melihat PLTGU Jawa-1 dengan Kapasitas 1.760 Megawatt

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis