E-Meterai untuk CPNS Sudah Bisa Dibeli, Cukup Satu Menit

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Sulitnya mendapatkan e-meterai sebagai syarat mengikuti rekruitmen CPNS 2024 membikin Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperpanjang masa pendaftaran di portal SSCASN nan sebelumnya berhujung pada 6 September 2024 menjadi 10 September 2024 pukul 23.59 WIB.

Masalah meterai elektronik ini menjadi keluhan utama para calon pelamar. Tempo mencoba membeli e-meterai di meterai-elektronik.com pada pukul 10.30 WIB, Senin, 9 September 2024. Setelah registrasi, kemudian membeli 5 meterai seharga masing-masing Rp10 ribu. Untuk transaksi dikenakan biaya manajemen Rp12.500.

Jika membeli satu lembar e-meterai, dikenakan biaya jasa Rp2.500 dan bertindak kelipatannya.

Proses berjalan cepat, tidak sampai satu menit. Pertama, buka meterai-elektronik.com dan registrasi jika belum mendaftar. Setelah itu, login dan klik Beli Meterai dan pilih jumlah nan bakal dibeli (ada pilihan dari 1 keping hingga 100 keping).

Setelah itu, muncul notifikasi lanjutkan dan klik, muncul QRIS untuk pembayaran. Hanya diberi waktu 15 menit untuk membayar. Setelah selesai pembayaran, Anda bisa cek pembelian di Kuota e-Meterai. Untuk penggunaannya, ada petunjuk.

Sebelumnya, kekacauan dalam pembelian e-meterai ini membikin BKN memperpanjang pengiriman lamaran CPN dari 6 September menjadi 10 September 2024. Tampaknya selain server sudah diperbaiki, fans pendaftaran CPNS sudah punya pengganti setelah BKN mengizinkan penggunaan meterai tempel.

Transaksi pembelian e-meterai di meterai-elektronik.com

Kekacauan ini menurut temuan Ombudsman RI lantaran hanya ada 10 dari 26 pemasok nan aktif melakukan penjualan e-meterai kepada masyarakat umum. Akibatnya, peserta CPNS menghadapi kesulitan sehingga waktu pendaftaran diundur 4 hari.

Anggota Ombudsman RI Robert Na Endi Jaweng meminta pemerintah untuk meninjau ulang dan memperbaiki sistem pengadaan, distribusi, dan pembelian e-meterai pada masa pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024.

"Keluhan calon peserta seleksi CPNS mengenai kelangkaan e-meterai, dan sulitnya akses perlu mendapatkan penjelasan dari pemerintah. Selain itu, Ombudsman meminta pemerintah meninjau ulang dan memperbaiki sistem pengadaan e-meterai hingga distribusinya," kata Robert dalam keterangan nan diterima di Jakarta, Minggu, 8 September 2024.

Ia menjelaskan, penjualan e-meterai memang hanya bisa dilakukan oleh distributor, nan membeli e-meterai dan bayar transaksi melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan.

Setelah tahapan transaksi selesai, PT Peruri mengirimkan e-meterai kepada pihak distributor.

Ia mengatakan bahwa Ombudsman RI juga telah menyampaikan hal-hal mengenai e-meterai kepada PT Peruri dalam pertemuan koordinasi dan monitoring perihal penyelenggaraan seleksi CPNS 2024 pada Jumat, 6 September 2024.

"Permintaan sangat tinggi bakal e-meterai terjadi menjelang akhir pendaftaran CASN 2024 memerlukan langkah antisipasi oleh PT Peruri, ialah peningkatan produksi e-meterai dan kapabilitas ruang server," ujar Robert.

Berikutnya: Bisa Pakai Meterai Tempel

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis