Efek BRI Liga 1, Omzet UMKM Meroket

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS - Laga bola BRI Liga 1 musim 2024 – 2025 nan telah berjalan sejak 9 Agustus 2024 membikin para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia naik omzetnya.

Seperti pengakuan Aceng (42), salah satu penjual gorengan di sekitar Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, dengan adanya kejuaraan BRI Liga 1, peralatan dagangan menjadi semakin laku. “Acara ini membantu perekonomian, dengan adanya pertandingan dagangan saya jadi lumayan penjualannya, meningkat dua kali lipat. Kalau tidak ada pertandingan BRI Liga 1, biasanya sunyi sehari-harinya,” ujarnya. Ia pun berharap, BRI Liga 1 bakal terus bersambung sampai ke musim-musim nan selanjutnya.

Siti (38) penjual makanan di area nan sama juga mengungkapkan respons positifnya. “Dengan adanya BRI Liga 1, jualan saya jadi laris. Mudah-mudahan ke depannya bakal terus ada pertandingan-pertandingan bola lainnya,” ujarnya.

Pada kesempatan terpisah, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto juga mengungkapkan bahwa perseroan mendukung perhelatan BRI Liga 1 2024 – 2025 tak lepas dari aspek ekonomi nan diciptakan.

“Dengan bergulirnya kejuaraan BRI Liga 1, diproyeksikan dapat menciptakan perputaran duit mencapai Rp10,42 triliun dan nilai tambah ekonomi Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar Rp5,93 triliun. Hal ini didasarkan hasil riset terbaru nan dilakukan BRI Research Institute pada Juli 2024,” kata Catur.

Iklan

Selain itu terdapat tambahan pendapatan rumah tangga pekerja sebesar Rp2,27 triliun, potensi pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp866 miliar serta pembuatan kesempatan kerja sekitar 45 ribu orang.

“Berdasarkan hasil riset tersebut, kejuaraan BRI Liga 1 musim 2024-2025 kami proyeksikan juga bakal memberikan akibat positif secara ekonomi bagi stakeholder utamanya untuk menghidupkan mata rantai ekonomi kerakyatan dan meningkatkan pendapatan pelaku UMKM,” jelas Catur.

BRI berambisi berjalannya kejuaraan BRI Liga 1 ini dapat memberi akibat positif terhadap suasana kejuaraan sepak bola nasional, sehingga liga ini dapat mencetak talenta-talenta muda berbakat nan bakal mendorong prestasi sepak bola Indonesia di panggung global. “Seperti nan kita rasakan bersama, terus meningkatnya prestasi timnas sepak bola Indonesia nan saat ini dicapai tidak lepas dari bergulirnya kejuaraan BRI Liga 1 nan juga semakin baik,” katanya.(*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis